Putar Otak Manufaktur Berkelit dari Krisis Aluminium

Kenaikan harga aluminium di tingkat dunia berdampak ke industri dalam negeri. Hal itu tak lepas dari fakta bahwa aluminium foil berkontribusi sekitar 20 persen terhadap total biaya material di sejumlah sektor manufaktur.

Wike D. Herlinda

16 Feb 2022 - 20.00
A-
A+
Putar Otak Manufaktur Berkelit dari Krisis Aluminium

-

Bisnis, JAKARTA — Ancaman penipisan pasok aluminium dunia akibat pemangkasan produksi oleh sejumlah negara utama mulai berimbas ke sejumlah sektor industri manufaktur di Indonesia, khususnya lini pengemasan dan otomotif. 

Direktur Eksekutif Federasi Kemasan Indonesia Henky Wibawa mengatakan pelaku industri mulai bersiap mencari alternatif bahan lain untuk menggantikan aluminium foil meski tidak semua kebutuhan dapat disubstitusikan. 

Salah satunya yakni plastic rolled metalize yang berbahan plastik dengan ketahanan yang mirip dengan aluminium foil.

"Aluminium foil ada penggantinya, tetapi tetap masih ada kebutuhan aluminium foil, misalnya untuk kemasan obat, karena obat tidak boleh rusak dan sebagainya," kata Henky, Rabu (16/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Putar Otak Manufaktur Berkelit dari Krisis Aluminium

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.