Radang Sendi, Cegah Gejala Arthritis Dengan Langkah Ini

Meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah radang sendi, Anda mungkin dapat “secara signifikan mengurangi risiko radang sendi” dengan beberapa kegiatan.

Mia Chitra Dinisari

24 Okt 2021 - 19.52
A-
A+
Radang Sendi, Cegah Gejala Arthritis Dengan Langkah Ini

Radang sendi atau arthritis memiliki sejumlah faktor risiko yang dapat dimodifikasi./cdc.gov

Bisnis, JAKARTA - Arthritis yang berarti peradangan atau pembengkakan bisa terjadi pada satu atau lebih sendi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC menggambarkan lebih dari 100 kondisi yang mempengaruhi sendi, jaringan di sekitar sendi, dan jaringan ikat lainnya.

Arthritis memiliki gejala spesifik yang bervariasi tergantung pada jenis arthritis atau artritis yang dialami penderita. Umumnya, termasuk nyeri dan kekakuan sendi.

Meski dikenal sebagai penyakit yang sering menyerang usia lanjut, radang sendi juga dapat dialami semua usia termasuk anak-anak.

Radang sendi atau arthritis memiliki sejumlah faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Dengan begitu, kondisi sakit akibat radang sendi bisa diantisipasi.

Radang sendi atau arthritis bukanlah penyakit tunggal. Kondisi ini merujuk pada nyeri sendi atau penyakit sendi dan ada lebih dari 100 jenis radang sendi dan kondisi terkait.

Osteoarthritis dan rheumatoid arthritis adalah dua jenis arthritis yang paling umum. Sejauh ini, badan layanan kesehatan Inggris, NHS, mencatat tidak ada obat untuk radang sendi.

Meski begitu ada banyak perawatan yang dapat membantu memperlambat terjadnya radang sendi. Juga terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko radang sendir.

The Arthritis Foundation of Asia mengatakan meskipun tidak ada cara pasti untuk mencegah radang sendi, Anda mungkin dapat “secara signifikan mengurangi risiko radang sendi” dengan beberapa kegiatan.

“Menghindari cedera olahraga dengan memakai peralatan yang tepat, pelatihan yang memadai, dan permainan yang aman dapat mencegah robekan ACL (anterior cruciate ligament) yang dapat menyebabkan osteoartritis dalam beberapa tahun atau beberapa dekade kemudian,” ujar NHS seperti dilansir Express.

Ilustrasi/clevelandclinichealthesential

Banyak jenis radang sendi dianggap sebagai hasil dari kombinasi kecenderungan genetik dan pemicu lingkungan. Itu sebabnya menemukan pemicu jenis radang sendi "mungkin menjadi kunci pencegahannya", bahkan pada seseorang dengan risiko genetik.

Beberapa perilaku dan karakteristik, yang disebut faktor risiko, dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena beberapa jenis radang sendi atau memperburuknya.

Beberapa, seperti genetika, tidak dapat Anda kendalikan, tetapi ada faktor lain yang mungkin dapat dimodifikasi - yang dikenal sebagai faktor risiko yang dapat dimodifikasi.

Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan A.S. mengatakan orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin terkena osteoartritis lutut daripada orang yang tidak kelebihan berat badan.

Berat badan ekstra memberi lebih banyak tekanan pada persendian, terutama persendian yang menahan beban seperti pinggul dan lutut.

Makan sehat dan aktivitas fisik dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Cedera sendi atau penggunaan berlebihan seperti menekuk lutut dan stres berulang dapat merusak sendi dan berkontribusi pada perkembangan osteoartritis pada sendi itu.

"Pekerjaan yang melibatkan tekukan lutut berulang dan jongkok dikaitkan dengan osteoartritis lutut," tambah badan kesehatan tersebut.

Merokok juga meningkatkan risiko seseorang terkena rheumatoid arthritis dan “dapat memperburuk penyakit”.

The Arthritis Foundation mengatakan gejala arthritis rumit dan bervariasi. Jika Anda menderita radang sendi, persendian kemungkinan besar akan terasa kaku dan sulit digerakkan,

Anda mungkin juga menemukan bahwa area di sekitar persendian Anda mungkin terasa hangat, terlihat merah atau bengkak.

NHS mengatakan bahwa gejala radang sendi akan sangat bervariasi tergantung jenis arthritis yang Anda alami. Meskipun tidak ada obat untuk radang sendi, perawatan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan, untuk banyak jenis radang sendi, terutama arthritis, ada manfaat yang jelas dalam memulai pengobatan pada tahap awal, kata badan amal Versus Arthritis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.