Ragam Pandangan Bankir tentang Efek Pemilu pada Bisnis Bank

Momentum pemilu kerap kali bakal mempengaruhi dinamika perekonomian nasional. Kendati demikian, kalangan bankir berbeda pandangan terkait dampaknya terhadap bisnis perbankan.

Tim Redaksi

23 Okt 2023 - 12.45
A-
A+
Ragam Pandangan Bankir tentang Efek Pemilu pada Bisnis Bank

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kalangan bankir memiliki pandangan beragam terkait efek pemilu terhadap bisnis perbankan pada 2024 mendatang. Kendati demikian, nada optimisme masih terdengar menghadapi ketidakpastian ekonomi dan politik di momen rutin tersebut.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA, Jahja Setiaatmadja, menilai pemilu dan pilpres menjadi momen berulang. Sejumlah sektor pun sudah mengantisipasi hal tersebut. Adapun, bagi pasar keuangan, tahun politik baginya tak akan begitu berpengaruh.

“Investasi dalam bentuk seperti saham dan obligasi pun tidak langsung berkaitan dengan tahun politik, melainkan berkaitan dengan mood dari pasar modal,” ujarnya dalam paparan kinerja kuartal III/2023 pada beberapa waktu lalu.

BCA pun tidak begitu menghiraukan adanya dampak tahun politik ke basis pendanaan bank. Ia mengatakan bahwa dari sisi peluang dana pihak ketiga (DPK), BCA terus mengupayakan untuk menjaga payment system dari sisi user friendly agar nasabahnya terus nyaman dalam bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ragam Pandangan Bankir tentang Efek Pemilu pada Bisnis Bank

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.