Raksasa Migas Global Serbu Indonesia untuk Pengelolaan Karbon

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia menggandeng perusahaan energi Amerika Serikat, salah satunya ExxonMobil untuk mendukung pengembangan dan pengelolaan karbon di Tanah Air.

Ibeth Nurbaiti

15 Nov 2023 - 13.29
A-
A+
Raksasa Migas Global Serbu Indonesia untuk Pengelolaan Karbon

Gambaran suasana di salah satu wilayah kerja migas. Pmerintah menyiapkan aturan main terkait dengan implementasi teknologi penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon atau carbon capture storage/carbon capture utilization and storage (CCS/CCUS) di industri hulu minyak dan gas bumi. Bisnis-Dok.SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah perusahaan raksasa minyak dan gas bumi (migas) global beramai-ramai mengincar peluang kerja sama pengelolaaan karbon di Indonesia. Besarnya potensi bisnis dari fasilitas penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon di Tanah Air menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia. 

Terlebih, kebutuhan terhadap migas masih tetap tinggi di tengah dorongan untuk mengakselerasi transisi energi. Itu sebabnya, diperlukan teknologi Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) yang diyakini dapat mendukung peningkatan produksi migas sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca.

Sejalan dengan itu, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan secara bertahap ekosistem fasilitas penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon tersebut. Ditambah lagi, industri di dalam negeri juga sudah memiliki skema perdagangan karbon yang mapan.

Saat ini, pemerintah diketahui masih mengebut penyelesaian rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang CCS di luar wilayah kerja migas. Rencananya beleid itu bakal kelar tahun ini untuk menopang keekonomian proyek serta memberi bagi hasil yang menarik bagi kontraktor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.