Ramai Maskapai Terjun ke LCC, Operator di Tepi Perang Tarif?

Strategi terjun ke LCC dapat dipahami sebagai cara bertahan maskapai di tengah pandemi. Namun, kekhawatiran bahwa kompetisi yang makin ramai akan memicu maskapai berlomba-lomba membanderol tarif mendekati batas bawah, tak bisa disembunyikan.

Sri Mas Sari

14 Feb 2022 - 20.05
A-
A+
Ramai Maskapai Terjun ke LCC, Operator di Tepi Perang Tarif?

Bisnis, JAKARTA – Makin banyak pemain penerbangan berbiaya murah alias low cost carrier dapat menimbulkan risiko perang tarif karena kompetisi memperebutkan penumpang yang kian ketat.

Dalam enam bulan terakhir, akan ada dua maskapai penerbangan yang terjun ke segmen low cost carrier (LCC). Super Air Jet, maskapai yang terafiliasi dengan Rusdi Kirana, pendiri Lion Air Group, mengudara perdana pada awal paruh kedua tahun lalu.

Sebentar lagi, segmen LCC akan makin diramaikan oleh kehadiran TransNusa yang sempat berhenti beroperasi September 2020 akibat pandemi Covid-19. Maskapai yang malang-melintang di langit kawasan timur Indonesia, terutama Nusa Tenggara Timur, ini bermanuver dari layanan penerbangan berjadwal. Menurut Kementerian Perhubungan, maskapai ini sedang memproses pengajuan SOP pelayanan LCC.

Strategi ini dapat dipahami sebagai cara bertahan maskapai di tengah pandemi. Kendati semua segmen mengalami penurunan drastis jumlah penumpang, daya tahan LCC lebih baik dari full service maupun medium service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Sri Mas Sari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ramai Maskapai Terjun ke LCC, Operator di Tepi Perang Tarif?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.