Ramai-ramai Operator Layanan Seluler Jajaki Pasar SIM Digital

E-SIM merupakan evolusi dari teknologi SIM atau kartu SIM, dimana e-SIM berbentuk modul yang terintegrasi dan melekat di dalam perangkat komunikasi yang dapat diisi profil operator seluler secara remote.

Redaksi

24 Jan 2024 - 18.27
A-
A+
Ramai-ramai Operator Layanan Seluler Jajaki Pasar SIM Digital

Ilustrasi sim card.

Bisnis, JAKARTA – Sejumlah operator layanan telekomunikasi mulai menjajaki pasar SIM tertatanam atau embedded SIM (e-SIM). Adapun e-SIM merupakan evolusi dari teknologi SIM atau kartu SIM, dimana e-SIM berbentuk modul yang terintegrasi dan melekat di dalam perangkat komunikasi yang dapat diisi profil operator seluler secara remote.  

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melihat bahwa kehadiran e-SIM ini merupakan perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas pemasaran nomor perdana seluler serta kemudahan bagi pelanggan seluler. Kehadiran e-SIM akan menghadirkan peluang baru bagi operator seluler untuk tumbuh. 

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mulai Indosat, XL Axiata, dan Smartfren yang telah lebih dahulu. menjajaki pasar e-SIM dengan memasarkan produk tersebut secara bertahap dimulai kepada turis asing.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono mengatakan pada Desember 2023 perusahaan telah memasarkan e-SIM dengan menyasar pasar turis asing yang datang ke Tanah Air. Telkomsel akan terus memasarkan e-SIM secara bertahap sambil menunggu regulasi e-SIM hadir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ramai-ramai Operator Layanan Seluler Jajaki Pasar SIM Digital

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.