Ramalan Dividen Bank Jumbo di Tengah Peringatan OJK

Empat bank jumbo di Indonesia diperkirakan tetap menebar dividen tahun 2022, meski Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau untuk menahan euforia pembagian dividen di tengah kekhawatiran resesi global.

Asteria Desi Kartikasari

5 Jan 2023 - 20.12
A-
A+
Ramalan Dividen Bank Jumbo di Tengah Peringatan OJK

Ilustrasi bank. /Freepik

Bisnis, JAKARTA— Empat bank jumbo di Indonesia diperkirakan tetap menebar dividen tahun 2022, meski Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau untuk menahan euforia pembagian dividen di tengah kekhawatiran resesi global.

OJK diketahui meminta bank-bank dengan laba jumbo untuk menahan pembagian dividen. Hal ini bertujuan mengantisipasi risiko kredit yang lebih tinggi di tengah ancaman resesi global. Setidaknya terdapat empat bank yang memiliki aset lebih dari Rp70 triliun, diantaranya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo menuturkan empat bank besar tersebut diramal akan tetap menebar dividen setelah melakukan pencadangan cukup tinggi dengan rasio cakupan non-performing loan (NPL) dan loan at risk (LAR) rerata 250 persen serta 40 persen.

“Kami percaya bahwa bank masih dapat membayar dividen yang lebih tinggi tahun ini dibandingkan tahun lalu. Modal bank yang kuat juga akan memungkinkan mereka untuk memberi insentif kepada pemegang saham,” ujar Handiman dalam risetnya, Kamis (5/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.