Ramalan Gerak Harga Minyak Mentah & CPO, Mana Paling Bergejolak?

Embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia diproyeksi masih berpengaruh terhadap harga minyak mentah tahun ini. Belum lagi, komoditas energi terlihat meredup di akhir tahun.

Asteria Desi Kartikasari

29 Jan 2023 - 19.05
A-
A+
Ramalan Gerak Harga Minyak Mentah & CPO, Mana Paling Bergejolak?

Ilustrasi Refined, bleached, and deodorized (RBD) palm oil sebagai bahan baku minyak goreng/ The Edge Markets

Bisnis, JAKARTA— Embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia diproyeksi masih berpengaruh terhadap harga minyak mentah tahun ini. Belum lagi, komoditas energi terlihat meredup di akhir tahun.

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) memproyeksikan harga minyak acuan akan bergerak di level resistance US$100–US$115 per barel dengan support US$65-US$55 per barel pada kuartal I/2023. Pada awal 2023, harga minyak rebound setelah pada kuartal IV/2022 harga turun 9,71 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret merosot 1,6 persen, menjadi US$79,68 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret tergelincir 0,9 persen menjadi US$86,66 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. 

Tim Riset ICDX mencatatkan setidaknya terdapat 3 poin fokus pasar yang mempengaruhi tren komoditas minyak mentah, salah satunya embargo produk turunan minyak Rusia pada 5 Februari 2023, OPEC yang menargetkan harga minyak tahun ini stabil pada kisaran US$80-US$90 per barel, serta Amerika Serikat yang masih mengalami krisis stok di Cadangan Strategis Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.