Ramalan Negatif Emiten Sawit Terhimpit Harga CPO

Prospek emiten perkebunan akan bergantung pergerakan harga komoditas substitusi sawit. Kinerja emiten perkebunan kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) bakal terimbas negatif koreksi berkelanjutan harga komoditas tersebut hingga sisa tahun ini.

Asteria Desi Kartikasari

28 Sep 2022 - 16.50
A-
A+
Ramalan Negatif Emiten Sawit Terhimpit Harga CPO

Pekerja memanen kelapa sawit di Desa Rangkasbitung Timur, Lebak, Banten, Selasa (22/9/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bisnis, JAKARTA— Kinerja emiten perkebunan kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) bakal terimbas negatif koreksi berkelanjutan harga komoditas tersebut hingga sisa tahun ini. Meskipun sejumlah saham dengan kenaikan laba signifikan pada paruh pertama tahun ini masih dapat diperhitungkan investor. 

Berdasarkan data Bursa Malaysia pada Rabu (28/9/2022), harga CPO kontrak pengiriman bulan Desember sempat turun hingga 179 poin ke level 3.344 ringgit per ton.  Harga minyak kelapa sawit diproyeksi berpotensi melemah hingga level 3.000 ringgit per ton seiring dengan kenaikan produksi yang tidak dibarengi dengan pemulihan permintaan. 

Terkait dengan itu, Head of research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya membenarkan penurunan harga CPO akan memberikan imbas negatif terhadap kinerja emiten perkebunan. “Turunnya CPO tentu membuka peluang turunnya laba emitennya ke depan,” katanya Rabu (28/9/2022). 

Selain itu, Cheril menuturkan prospek emiten perkebunan akan bergantung pergerakan harga komoditas substitusi sawit. Dia berujar jika harga komoditas substitusi seperti minyak kedelai mengalami koreksi, maka harga CPO berpotensi ikut terseret turun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.