Ramalan Tingginya Pinjaman Fintech Meski Diancam Kredit Macet

Kucuran dana pinjaman dari industi finansial teknologi atau fintech peer-to-peer (P2P) lending diproyek bakal berlanjut mengalami peningkatan, di tengah ancaman kredit macet.

Rika Anggraeni & Asteria Desi Kartikasari

4 Sep 2023 - 17.32
A-
A+
Ramalan Tingginya Pinjaman Fintech Meski Diancam Kredit Macet

Ilustrasi pinjaman online atau fintech lending./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA — Kucuran dana pinjaman dari industi finansial teknologi atau fintech peer-to-peer (P2P) lending diproyek bakal berlanjut mengalami peningkatan, di tengah ancaman kredit macet.

Kondisi tersebut tercermin dari catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), posisi pinjaman outstanding industri P2P lending meningkat menjadi  Rp55,97 triliun pada Juli 2023. Pembiayaan tersebut merangkak naik 22,41 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang hanya mencapai Rp45,73 triliun. 

Meski begitu, kondisi tersebut juga dibarengai dengan tingkat kredit macet atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) meningkat menjadi 3,47 persen pada Juli 2023. Berdasarkan data statistic P2P lending periode Juni 2023 menunjukkan kredit macet lebih dari 90 hari meningkat 59,42 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp1,22 triliun pada Juli 2022 menjadi Rp1,94 triliun pada periode yang sama tahun ini.

Kredit macet tersebut didominasi oleh kalangan perseroangan yang mencapai Rp1,51 triliun. Di mana, usia 19–34 tahun masih menempati pinjaman macet lebih dari 90 hari tertinggi yang menembus Rp782,16 miliar atau naik 2,23 persen yoy dari sebelumnya Rp765,11 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.