Rapor Berbeda Bank-bank Besutan Fintech

Masih terlalu dini untuk bisa berharap bank-bank besutan fintech ini segera berlari kencang. Setelah menerima suntikan modal 2 tahun terakhir, bank-bank ini perlu beradaptasi dengan perubahan besar-besaran pada model dan kapasitas bisnis, struktur permodalan, manajemen, dan visi baru pemegang saham.

Emanuel Berkah Caesario

6 Apr 2023 - 14.41
A-
A+
Rapor Berbeda Bank-bank Besutan Fintech

Ilustrasi karyawan bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kinerja bank-bank yang mendapatkan dukungan modal dari perusahaan teknologi finansial atau fintech menarik untuk dicermati, mengingat suntikan modal dari fintech umumnya diberikan untuk memenuhi persyaratan modal inti, alih-alih karena kebutuhan alami untuk ekspansi.

Dengan suntikan modal yang sudah diberikan, lantas bagaimana kinerja keuangan mereka? Apakah menunjukkan peningkatan yang signifikan?

Sebagaimana diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2020 telah mewajibkan semua bank untuk memiliki modal inti minimal Rp3 triliun pada akhir 2022, padahal saat itu cukup banyak bank dari kalangan Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I yang modal intinya kurang dari Rp1 triliun.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan OJK No.12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rapor Berbeda Bank-bank Besutan Fintech

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.