Rayakan Hari Ibu, Seribu Perempuan Dukung Keselamatan Berkendara

Di zaman yang semakin menuntut kesetaraan itu semakin membuka ruang bagi perempuan sebagai pengendara kendaraan bermotor. Selain keterampilan, kesadaran akan keselamatan berkendara bagi kalangan perempuan menjadi penting.

Fatkhul Maskur

22 Des 2021 - 07.30
A-
A+
Rayakan Hari Ibu, Seribu Perempuan Dukung Keselamatan Berkendara

Kaum perempuan terutama sosok ibu memiliki peran strategis dalam mendukung upaya membentuk kesadaran keselamatan berkendara dan perubahan positif sejak dari lingkungan keluarganya. - Foto AHM

Bisnis, JAKARTA - Di zaman yang semakin menuntut kesetaraan itu semakin membuka ruang bagi perempuan sebagai pengendara kendaraan bermotor. Selain keterampilan, kesadaran akan keselamatan berkendara bagi perempuan menjadi penting.

Memperingati Hari Ibu, PT Astra Honda Motor (AHM) beserta jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia mengadakan kampanye safety riding dengan memberi edukasi keselamatan berkendara kepada 1.000 sosok perempuan dari Sabang sampai Merauke. 

"Mereka diharapkan dapat menginspirasi para perempuan Indonesia dalam berkendara untuk mewujudkan mimpinya," ujar General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM Andy Wijaya dalam keterangan pers, Rabu (22/12/2021).

Perempuan merupakan sosok berharga, darinya lahir para generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan positif dalam keluarga. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, banyak perempuan masa kini menggunakan sepeda motor baik secara individu maupun bersama keluarga. Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap bergaya, perempuan perlu memperhatikan cara berkendara yang aman.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap perempuan Indonesia, AHM mengerahkan instruktur andal safety riding Honda pada 13-21 Desember 2021 untuk mengemas pelatihan keselamatan berkendara yang interaktif dan menyenangkan dengan materi yang kekinian.

Mereka diajari tips berkendara yang aman dan nyaman bagi perempuan, postur tubuh yang baik saat berkendara, dan penggunaan riding gear, seperti helm yang tidak hanya sebagai alat pelindung diri namun menjadi kebutuhan dan gaya hidup.

Andy mengatakan kaum perempuan terutama sosok ibu memiliki peran strategis dalam mendukung upaya membentuk kesadaran keselamatan berkendara dan perubahan positif sejak dari lingkungan keluarganya, yaitu sebagai pendidik, pelindung dan pengayom keluarga. Kegiatan edukasi keselamatan berkendara ini diharapkan menjadikan sosok perempuan Indonesia semakin hebat dan kuat serta berperan aktif dalam membudayakan keselamatan berkendara. 

“Kami ingin perempuan dapat menjadi panutan dalam berkendara yang aman, baik di keluarga maupun di lingkungannya. Kami berharap mereka dapat menjadi teladan bagi masyarakat dengan turut serta menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman, sekaligus dapat menjadi bagian dari penyelamat kehidupan generasi muda,” ujar Andy.

Selain mendapatkan keseruan dalam edukasi ini, seluruh peserta juga langsung mendapatkan helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyata dalam mendukung kampanye keselamatan berkendara sekaligus menginsipirasi masyarakat luas. 

KONSISTENSI EDUKASI

AHM konsisten dalam memberikan edukasi safety riding guna mewujudkan budaya aman dan selamat berkendara bagi masyarakat. Sepanjang tahun ini, sebanyak 76.892 orang dari Sabang sampai Merauke telah mendapatkan pemahaman pentingnya keselamatan berkendara melalui edukasi safety riding

Edukasi yang diberikan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat, seperti sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga jenjang perguruan tinggi, sampai dengan memberikan pelatihan kepada komunitas serta instansi swasta dan pemerintah. 

Selain mendapatkan edukasi keselamatan berkendara, para peserta juga diharapkan menjadi agen perubahan dengan turut aktif menyebarkan semangat keselamatan berkendara di lingkungannya.

Beragam aktivitas dilakukan secara bertahap baik daring dan luring dengan mematuhi aturan dan protokol kesehatan. Sebanyak 1.658 program kampanye safety riding bekerjasama dengan jaringan dealer utama Honda mendapat apresiasi dan antusias dari para peserta dan penerima manfaat program. AHM juga melakukan kampanye keselamatan berkendara dengan konsep acara menarik, seperti gim, kompetisi, pameran, dan taman lalu lintas untuk masyarakat umum.

Seluruh kampanye safety riding didukung 140 instruktur andal yang berpengalaman dan tersertifikasi AHM, 2.474 advisor dealer dan 982 advisor komunitas memberikan pelatihan baik teori dan praktik keselamatan berkendara.

RISIKO PEREMPUAN

Studi Nordfjærn, et. al (2012) memberikan hasil penelitian yang menggambarkan bahwa faktor jenis kelamin merupakan salah satu faktor yang dapat mengarahkan pada risiko kecelakaan dalam berkendara baik di negara maju maupun berkembang.

Handrix Chris Haryanto dari Program Studi Psikologi, Universitas Paramadina Jakarta, dalam studi Keselamatan dalam Berkendara : Kajian terkait dengan Usia dan Jenis Kelamin pada Pengendara, menyebutkan bahwa pembahasan keselamatan berkendara yang terkait dengan jenis kelamin pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan usia pengendara.

Hal ini juga terkait dengan faktor keterampilan dalam berkendara serta persepsi terhadap risiko. Berkaitan dengan kedua faktor ini, terdapat gambaran umum bahwa keberadaan laki-laki lebih memiliki keterampilan dalam berkendara yang lebih baik serta keberadaan persepsi yang rendah terhadap risiko dibandingkan perempuan.

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.