Rayuan Pemerintah Agar Tim Cook Bangun Pabrik Apple di RI

Kedatangan CEO Apple Inc. Tim Cook ke Indonesia menjadi momen agar perusahaan asal Amerika Serikat itu mengucurkan modal di Tanah Air

Akbar Evandio

18 Apr 2024 - 13.04
A-
A+
Rayuan Pemerintah Agar Tim Cook Bangun Pabrik Apple di RI

CEO Apple Inc. Tim Cook memeberikan keterangan pers dengan didampingi oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi usai bertemu usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Rabu (17/4/2024). Bisnis/Akbar Evandio

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah terus mendorong komitmen Apple Inc. untuk membangun pabrik di Indonesia. Kedatangan CEO Apple Inc. Tim Cook ke Tanah Air menjadi momen pemerintah melakukan pendekatan lebih intens.

Kemarin, Rabu (17/4/2024), Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi di Istana Merdeka.

Agus menjelaskan bahwa topik investasi Apple turut dibahas. Ini mengingat industri di Indonesia sudah memiliki ekosistem komponen handphone yang lengkap.

Baca juga: Kemenperin Siapkan Insentif Amankan Industri Manufaktur dari Konflik Iran–Israel

"Itu [komitmen membangun pabrik] juga yang ingin kami dorong. Bahwa sebetulnya komponen-komponen handphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya kabelnya dan lain-lain, itu kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," katanya kepada wartawan usai pertemuan.

Di sisi lain, CEO Apple Inc. Tim Cook menyampaikan komiten untuk meningkatkan aktivitas investasi dan kerja sama yang berkualitas dari perusahaannya untuk berlabuh di Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan Presiden [Jokowi] untuk merealisasikan banyak pabrik di negara ini [Indonesia] dan dari obrolan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan [untuk membangun pabrik di sini],” ujar Tim Cook kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan.

 

 

Lebih lanjut, Cook mengamini bahwa Indonesia memang pasar yang begitu penting bagi perusahaannya. Mengingat ada ceruk konsumen yang begitu besar yang berminat dengan produknya. 

Oleh sebab itu, dia mengatakan akan terus melanjutkan penjajakan dan komunikasi dalam rangka merealisasi kerja sama perusahaan dengan Indonesia. Itu karena dari sisi kemampuan investasi, kata Cook, Tanah Air memiliki masa depan yang cerah bagi perusahannya.

“Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia sangat besar. Saya pikir ada banyak tempat yang bagus untuk berinvestasi dan kami inginn berinvestasi, kami percaya pada Negara ini,” ucapnya.

Baca juga: Menperin Lobi Tim Cook Bangun Pabrik Apple di RI: Komponen Sudah Siap

Cook berharap agar mendapat waktu kembali untuk melakukan komunikasi dengan Kepala Negara untuk menekankan komitmen mereka dalam hal kerja sama investasi.

“Saya pikir kami sudah melakukan percakapan yang menyenangkan dan saya sangat menghargai waktu bersamanya [Jokowi]. Itu adalah dialog tentang seberapa besar potensi yang ada di negara ini dan komitmen kami untuk mewujudkannya,” pungkas Cook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.