Reaksi Pasar Komoditas Gandum Usai 'Huru-Hara' di Laut Hitam

Pasar komoditas kembali bereaksi, harga gandum melonjak usai insenden angkatan laut Rusia menembaki sebuah kapal kargo di Laut Hitam. Ketegangan meningkat di jalur utama perdagangan gandum dan bijih-bijian asal Ukraina.

Asteria Desi Kartikasari

14 Agt 2023 - 19.05
A-
A+
Reaksi Pasar Komoditas Gandum Usai 'Huru-Hara' di Laut Hitam

Ilustrasi ladang gandum/World Economic Forum

Bisnis, JAKARTA—  Pasar komoditas kembali bereaksi, harga gandum melonjak usai insenden angkatan laut Rusia menembaki sebuah kapal kargo di Laut Hitam. Ketegangan meningkat di jalur utama perdagangan gandum dan bijih-bijian asal Ukraina.

Berdasarkan pemeberitaan Bloomberg yang dilansir Bisnis.com, kontrak berjangka gandum naik 1,2 persen dan diperdagangkan mendekati US$6,61 per bushel setelah jatuh 1,5 persen pada Jumat (11/8/2023). Kapal kargo kering Sukru Okan, yang berlayar di bawah bendera Palau, sedang menuju ke pelabuhan Izmail di Ukraina ketika kapal patroli angkatan laut Rusia Vasiliy Bykov menemukannya di bagian barat daya laut pada hari Minggu pagi (13/8/2023). 

Kapal perang Rusia meluncurkan tembakan peringatan ke arah kapal kargo di Laut Hitam bagian barat daya ketika kapal tersebut sedang berlayar ke arah utara.  Melansir dari Reuters, Minggu (13/8/2023) aksi ini merupakan kali pertama Rusia menembakkan tembakan pada kapal dagang di luar wilayah Ukraina sejak keluar dari perjanjian dagang biji-bijian yang dimediasi oleh PBB bulan lalu.

Sebelumnya pada Juli 2023, Rusia memang telah menghentikan partisipasinya dalam kesepakatan yang memungkinkan Ukraina mengirimkan biji-bijian melalui Laut Hitam. Menanggapi hal itu, pemerintah Kyiv dengan tegas menyatakan mereka akan terus melanjutkan ekspor komoditas ini ke seluruh dunia meskipun tanpa keterlibatan Rusia dalam perjanjian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.