Rehabilitasi Terumbu Karang Hidupkan Potensi Ekonomi Pesisir

Warisan program manajemen dan rehabilitasi terumbu karang Coremap-CTI WB diharapkan menjadi sistem yang melembaga di tengah masyarakat sekaligus menjadi model penerapannya di berbagai wilayah perairan lain sebagai upaya perlindungan sumber daya pesisir.

Rustam Agus

12 Mei 2022 - 16.30
A-
A+
Rehabilitasi Terumbu Karang Hidupkan Potensi Ekonomi Pesisir

Kekayaan biodiversitas perairan laut / Antara

Bisnis, JAKARTA – Harus diakui aset terumbu karang merupakan kekayaan perairan laut yang berpotensi menghidupkan perekonomian wilayah pesisir lewat inovasi pemanfaatan yang terkendali dan menyimbangkan ekologi lingkungan.

Namun di sisi lain, kerusakan terumbu karang di sejumlah perairan juga menuntut penanganan dan rehabilitasi berkelanjutan dari para pemangku kepentingan termasuk seluruh lapisan masyarakat sekitarnya.

Salah satu program manajemen dan rehabilitasi terumbu karang yang telah dijalankan dengan dukungan pendanaan global di Indonesia adalah Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative World Bank (Coremap-CTI WB) yang bertujuan untuk penyelamatan terumbu karang sekaligus menghidupkan perekonomian lokal.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Arifin Rudyanto menyatakan bahwa program strategis ini diinisiasi untuk perlindungan terhadap sumber daya pesisir khususnya terumbu karang yang memiliki 500 jenis dengan luas sekitar 25 ribu kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rehabilitasi Terumbu Karang Hidupkan Potensi Ekonomi Pesisir

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.