Rekor Baru Pertamina di Tengah Usaha Caplok Blok Masela

Rekor pendapatan Pertamina diumumkan di tengah optimisme pemerintah terkait pengambilalihan 35 persen hak partisipasi Shell di Blok Masela. Kementerian ESDM meyakini akuisisi dapat rampung pada akhir bulan ini.

Rayful Mudassir

6 Jun 2023 - 20.26
A-
A+
Rekor Baru Pertamina di Tengah Usaha Caplok Blok Masela

Ilustrasi fasilitas pengeboran offshore Pertamina./Dok Pertamina

Bisnis, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) berhasil membukukan kinerja moncer pada periode 2022 dengan laba bersih atau net profit sebesar US$3,81 miliar setara dengan Rp56,61 triliun.

Pertumbuhan tersebut diperoleh di tengah upaya perusahaan plat merah itu memperoleh 35 persen hak partisipasi (participating interest/PI) di Blok Masela dari Shell, perusahaan minyak dan gas bumi asal Belanda.

Torehan ini meningkat 56 persen dibandingkan laba bersih tahun sebelumnya. Di samping itu, perseroan turut pendapatan setara Rp1.1262,34 triliun atau US$85 miliar. Pendapatan itu merupakan yang tertinggi dalam sepanjang sejarah berdirinya perusahaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati percaya diri perseroan tetap dapat meningkatkan kinerja sepanjang tahun lalu di tengah volatilitas harga minyak mentah dunia serta dinamika nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rekor Baru Pertamina di Tengah Usaha Caplok Blok Masela

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.