Reksa Dana ESG BRI-MI Buat Investor Makin Peduli Lingkungan

Per 30 September 2023, Asset Under Management/AUM Reksa dana ESG BRI-MI sentuh Rp500 Miliar

Redaksi

25 Okt 2023 - 11.45
A-
A+
Reksa Dana ESG BRI-MI Buat Investor Makin Peduli Lingkungan

Ilustrasi Reksa Dana Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened PT BRI Manajemen Investasi. /Dok. Perseroan

Bisnis, JAKARTA – Produk Investasi berbasis environmental, social, and governance (ESG) saat ini semakin diminati investor. Berdasarkan hasil laporan PwC’s Global Investor Survey 2022, ESG muncul sebagai salah satu poin penting yang diperhatikan dalam membuat keputusan berinvestasi. 

Pada survey tersebut, 49 persen responden menyatakan bahwa tata kelola perusahaan yang baik merupakan poin prioritas dalam berinvestasi, sedangkan 44 persen menyatakan bahwa penting bagi sebuah bisnis untuk memberikan dampak positif kepada lingkungan, terutama pengurangan emisi karbon. 

Hal ini sejalan dengan program PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) dalam meningkatkan inklusi investasi berbasis ESG melalui produk Reksa Dana Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened.

Baca juga: Apa Itu Prospektus Saham? Ini yang Perlu Kamu Tahu

PLT Direktur Utama BRI-MI Ira Irmalia Sjam mengatakan bahwa kepedulian para investor dalam penerapan konsep ESG dalam investasi berkelanjutan menjadi salah satu faktor utama yang menjadikan produk BRI-MI tersebut semakin diminati oleh investor.

“BRI-MI terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan investor yang semakin peduli terhadap investasi berkelanjutan. Dengan berinvestasi pada produk Reksa Dana Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened, investor tidak hanya berpotensi mendapatkan pertumbuhan aset, namun juga bisa berkontribusi positif kepada sosial dan lingkungan” ujar Ira.

Adapun proses screening MSCI ESG Screened, jelas Ira, dilakukan dengan mempertahankan profil kapitalisasi pasar MSCI Indonesia dan menggunakan metodologi negative screening dengan mengecualikan perusahaan yang tidak sesuai prinsip-prinsip global compact Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).




Sebagai informasi, Reksa Dana Danareksa ESG MSCI Screened terbagi menjadi dua kelas, yaitu Kelas A yang diluncurkan pada 7 September 2022. Sementara Kelas B diluncurkan pada 15 Juli 2022, dengan   alokasi aset saham sebesar 99.55 persen dan pasar uang 0.45 persen.

Pencapaian Positif Reksa dana ESG MSCI Screened Milik BRI-MI

Reksa Dana Danareksa ESG MSCI Screened telah mencatatkan kinerja yang positif dari sisi pertumbuhan dana kelolaan (asset under management/AUM). Per 30 September 2023, AUM MSCI ESG Screened Kelas A dan Kelas B secara akumulatif telah menyentuh Rp500 Miliar atau mengalami pertumbuhan 15.63 persen secara year-to-date (YtD) dibandingkan dengan akhir tahun 2022 yaitu Rp432,7 Miliar.

“Dari sisi return atau kinerja YtD hingga 30 September 2023, produk Reksa Dana ESG Indeks Kelas A dan B mencatatkan kinerja positif dengan return sebesar 5,54 persen dan 5,83 persen. Kedua angka ini berada di atas kinerja IHSG dan rata-rata Reksa Dana Saham di Industri (Infovesta Equity Fund Index), di mana masing-masing memiliki nilai return sebesar 1,30 persen dan -1,32 persen,” tambah Ira.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Waran Saham

Terakhir, Ira juga menambahkan bahwa Reksa Dana Danareksa MSCI ESG Screened juga telah menorehkan prestasi melalui acara penghargaan Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023 pada tanggal 24 Agustus 2023. 

Pada acara tersebut Reksa Dana Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened telah berhasil mendapatkan penghargaan kategori The Most Expansive Growth in ESG Mutual Funds untuk periode 1 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.