Relaksasi Restrukturisasi Kredit Segera Berakhir, Ini Proyeksi Kinerja NPL Perbankan

Kebijakan restrukturisasi kredit Covid-19 akan berakhir pada bulan ini atau Maret 2024. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun memproyeksikan berakhirnya relaksasi tersebut akan menjadi tantangan bank mengelola risiko kredit pada kuartal I/2024.

Fahmi Ahmad Burhan

13 Mar 2024 - 14.59
A-
A+
Relaksasi Restrukturisasi Kredit Segera Berakhir, Ini Proyeksi Kinerja NPL Perbankan

Bisnis, JAKARTA — Berakhirnya insentif relaksasi restrukturisasi kredit perbankan bagi debitur terdampak Covid-19 pada akhir Maret 2024 ini bakal membuka risiko bagi peningkatan rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) perbankan.

Secara umum, pelaku industri perbankan memproyeksikan tingkat risiko kredit pada awal tahun ini relatif terjaga. Hal ini setidaknya terlihat dari hasil Survei Orientasi Bisnis Perbankan OJK (SBPO) yang melibatkan 100 bank responden.

Survei tersebut menemukan bahwa mayoritas responden meyakini bahwa risiko perbankan pada kuartal I/2024 masih terjaga dan terkendali. Hal ini terlihat dari Indeks Persepsi Risiko (IPR) sebesar 53 atau  masih berada di zona optimis, meski sedikit menurun dari 58 pada kuartal sebelumnya.

Sementara itu, kualitas kredit diproyeksikan terjaga dengan baik didukung kebijakan restrukturisasi dan hapus buku untuk menekan peningkatan kredit macet atau NPL. Responden memperkirakan bahwa risiko kredit atau NPL gross pada kuartal I/2024 akan terjaga stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Relaksasi Restrukturisasi Kredit Segera Berakhir, Ini Proyeksi Kinerja NPL Perbankan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.