Rencana IPO Jumbo 2023, BUMN hingga Grup Saratoga

Tak hanya perusahaan swasta, sederat BUMN juga mengantre untuk menggalang dana di lantai bursa.

Asteria Desi Kartikasari

7 Jan 2023 - 18.57
A-
A+
Rencana IPO Jumbo 2023,  BUMN hingga Grup Saratoga

Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA—  Rencana penawaran umum perdana saham atau initial public offering/IPO masih menjadi strategi jitu perusahaan untuk manambah tenaga ekstra pendongkrak kinerja hingga ekspansi bisnis. 

Berdasarkan catatan Bisnis, sejumlah BUMN tengah disiapkan untuk masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini.  Dalam hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Kementerian tengah menyiapkan sejumlah aksi korporasi tahun ini melalui Pertamina Geothermal Energi (PGE) dan Palm Co.

Teranyar, PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim juga tengah bersipa melantai di bursa. Anak usaha PT Pupuk Indonesia tersebut mengincar dana segar hingga US$500 juta atau setara dengan Rp7,8 triliun dengan kurs Jisdor US$1 sebesar Rp15.610 per dola AS.

Melansir channelnewsasia.com, dikutip Sabtu (7/1/2023) sumber yang mengetahui rencana tersebut mengatakan Pupuk Kaltim akan melepas sebanyak 20 persen saham kepada publik. Sumber yang tidak ingin disebut namanya itu mengatakan dana IPO rencananya akan digunakan untuk kepentingan ekspansi. Sebanyak dua bank juga disebutkan akan merancang kesepakatan IPO anak usaha Pupuk Indonesia tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.