Rencana Kenaikan Harga LPG 3 Kg Mencuat, Skema Subsidi Disiapkan

Rencananya, Kementerian Keuangan akan menyesuaikan HJE LPG 3 Kg mendekati harga keekonomian sembari mendorong mekanisme subsidi tertutup mulai tahun depan.

Ibeth Nurbaiti

12 Jul 2022 - 12.12
A-
A+
Rencana Kenaikan Harga LPG 3 Kg Mencuat, Skema Subsidi Disiapkan

Petugas menata tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Rabu (16/2/2022). Presiden Joko Widodo mengungkapkan subsidi yang diberikan pemerintah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk LPG mencapai Rp60 triliun-Rp80 triliun. Dengan bahan baku batu bara yang bisa diubah menjadi Dimetil Eter (DME), Jokowi berharap Indonesia berlahan mampu melepas ketergantungan terhadap impor LPG. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Wacana kenaikan harga jual eceran (HJE) liquefied petroleum gas atau LPG 3 kilogram kembali mencuat, sejalan dengan makin melebarnya selisih harga keekonomian bahan bakar subsidi tersebut. Apalagi, mayoritas subsidi gas melon itu juga justru dinikmati oleh masyarakat yang tergolong mampu.

Berdasarkan perhitungan Kementerian Keuangan, perkiraan harga patokan LPG mencapai Rp19.609 per Kg, sedangkan HJE yang berlaku dalam satu dekade terakhir hanya Rp4.250 per Kg. Itu artinya, ada selisih sekitar Rp15.359 per Kg yang harus disubsidi oleh pemerintah.

Selisih HJE yang lebar itu berasal dari asumsi minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) yang dipatok US$100 per barel dengan nilai kurs sebesar Rp14.450 per dolar AS.

Baca juga: Melepas Ketergantungan terhadap LPG yang Mencekik APBN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.