Rencana Kereta Tanpa Rel Dibangun di Ibu Kota Nusantara

Uji coba pembangunan kereta tanpa rel tersebut juga akan dilakukan dalam waktu dekat di mana proses uji coba rencananya bakal dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN.

Alifian Asmaaysi

22 Apr 2024 - 13.08
A-
A+
Rencana Kereta Tanpa Rel Dibangun di Ibu Kota Nusantara

Ilustrasi pembangunan IKN. /dok BIsnis

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melakukan uji coba pembangunan kereta tanpa rel atau automated rail transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam waktu dekat.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga mengatakan pembangunan ART di IKN itu bakal dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Jadi itu rencananya Kementerian Perhubungan yang membuat namanya ART. Jadi, ini kereta tidak pakai supir dan relnya bukan rel fisik, tapi magnet atau pakai sensor. Kita diminta menemani Kemenhub karena nanti akan lewat jalan yang sedang kita siapkan,” ujarnya dikutip Senin (22/4/2024). 

Uji coba pembangunan kereta tanpa rel tersebut juga akan dilakukan dalam waktu dekat di mana proses uji coba rencananya bakal dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN. Nantinya, proses uji coba akan dilakukan pada trase sepanjang 4 kilometer hingga 5 kilometer (km).

“Kalau jalannya di Sumbu Kebangsaan Barat sudah hampir selesai sudah 90%-an,” katanya. 

Baca Juga: Daftar 38 Lembaga Negara yang Lebih Dahulu Pindah ke IKN



Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke China pada Januari 2024, telah bertemu Menteri Transportasi yakni Li Xiaopeng membahas kerja sama lanjutan pembangunan transportasi massal kereta api di IKN. 

Tak hanya bertemu dengan Menteri Transportasi China, Budi juga diketahui bertemu dengan sejumlah pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk membahas kelanjutan kerja sama pembangunan kereta api Automated Rail Transit (ART) untuk IKN.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.