Rencana Tiga Calon Presiden di Sektor Energi Terbarukan

Bisnis merangkum sejumlah rencana kerja ketiga pasangan Capres Cawapres untuk Pilpres 2024 terkait pemanfaatan energi baru terbarukan berdasarkan visi misi yang diusung oleh para tokoh tersebut?

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

30 Okt 2023 - 18.50
A-
A+
Rencana Tiga Calon Presiden di Sektor Energi Terbarukan

Tiga calon Presiden RI 2024 - 2029 usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden./Dok Setpres

Bisnis, JAKARTA - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024 - 2029 resmi berkompetisi pada Pemilihan Presiden 14 Februari 2024. Dari berbagai isu unggulan, penerapan energi baru dan terbarukan turut dijadikan sebagai salah satu program kerja. 

Sebagai gambaran, pemerintah telah menargetkan Indonesia menjadi negara dengan nol emisi alias net zero emission pada 2060. Untuk mencapai langkah tersebut, beberapa agenda telah dibidik untuk dieksekusi. 

Dimulai dengan peningkatan cakupan energi hijau. Presiden Joko Widodo telah menetapkan target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada 2025. Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi bauran EBT baru menyentuh 15% hingga semester I/2023. 

Artinya, pemerintah perlu menggenjot pemanfaatan energi terbarukan hingga 10% setidaknya dalam tiga tahun ke depan untuk mencapai target tersebut. Adapun, kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga energi baru terbarukan (PLT EBT) telah mencapai 12,73 gigawatt (GW) pada paruh pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rencana Tiga Calon Presiden di Sektor Energi Terbarukan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.