Resep Terbaru China untuk Bikin Pasar Properti Kembali Gurih

Otoritas China putar otak meracik resep untuk menyelamatkan pasar properti sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi di Negeri Panda.

Rinaldi Azka

2 Sep 2023 - 18.43
A-
A+
Resep Terbaru China untuk Bikin Pasar Properti Kembali Gurih

Ilustrasi properti di luar negeri./ISTIMEWA

Bisnis, JAKARTA — Otoritas China telah mengumumkan deretan kebijakan yang digadang-gadang akan menjadi resep untuk membuat sektor properti kembali gurih dan memulihkan perekonomian Negeri Panda secara keseluruhan.

Dilansir dari Bloomberg Jumat (1/9/2023), target pertumbuhan ekonomi China sebesar 5 persen pada 2023 tengah berada dalam risiko. Kemerosotan sektor riil real estat telah meningkatkan bahaya terhadap sistem keuangan di Negeri Panda.

Bloomberg melaporkan penjualan pengembang properti terbesar di China turun 34 persen secara tahunan pada Agustus 2023. Sementara itu, salah satu raksasa properti China Country Garden Holdings Co. berada di ambang gagal bayar atau default. 

Di sisi lain, kebijakan yang diambil pemerintah China untuk membangkitkan kembali sektor properti mendapatkan reaksi beragam khususnya terkaitnya seberapa ampuh strategi itu untuk meningkatkan keyakinan terhadap perekonomian serta memacu pertumbuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.