Resesi Dunia di Ambang 2023, Indonesia Harus Siap Menghadapinya

Pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik yang dimotori China diprediksi melambat menjadi 3,2 persen tahun ini. Angka tersebut menurun tajam dibandigkan pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai 7,2 persen.

Saeno

28 Sep 2022 - 00.02
A-
A+
Resesi Dunia di Ambang 2023, Indonesia Harus Siap Menghadapinya

Bank Dunia memprediksi resesi global akan terjadi di 2023./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Lonceng isyarat resesi global kian berbunyi nyaring. Sinyal itu antara lain muncul dari langkah Bank Dunia yang memangkas proyeksi pertumbuhan di kawasan Asia Timur. 

Pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik yang dimotori China diprediksi melambat menjadi 3,2 persen tahun ini. Angka tersebut menurun tajam dibandigkan  pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai 7,2 persen.

Isyarat lain soal potensi resesi global terbaca dari langkah bank sentral di berbagai negara yang sudah menaikkan suku bunga secara cukup ekstrem. Itu berarti, dunia harus bersiap memasuki resesi pada 2023. Sementara itu, kenaikan suku bunga bank sentral di negara maju akan menimbulkan terjadinya pelemahan kinerja perekonomian dunia.

Pemangkasan proyeksi pertumbuhan di Asia Timur, meski masih positif, menunjukkan potensi perlambatan hingga 55,55 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.