Respons Ekonomi RI Hadapi Konflik China-Taiwan Hingga Inflasi AS

Memanasnya kondisi geopolitik di Eropa Timur dan China yang berkonflik dengan Taiwan setelah provokasi AS menimbulkan rasa was-was bagi Indonesia. Kendati ekonomi domestik tumbuh solid, bayang-bayang kenaikan suku bunga The Fed tak luput di saat inflasi negara itu mereda.

Nindya Aldila

12 Agt 2022 - 06.19
A-
A+
Respons Ekonomi RI Hadapi Konflik China-Taiwan Hingga Inflasi AS

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan sambutan saat pembukaan Roundtable Keuangan Berkelanjutan untuk Transisi Iklim di sela 3rd FMCBG-FCBD G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7/2022). ANTARA FOTO/POOL/Nyoman Budhiana

Bisnis, JAKARTA - Gejolak perekonomian global belum berhenti setelah ketegangan geopolitik antara China dan Taiwan memanas akibat provokasi dari AS. Belum adanya kepastian terkait dengan pelonggaran kebijakan moneter di AS meski inflasi pada Juli mereda masih menyisakan rasa was-was bagi Indonesia.

Setidaknya dua isu itu yang kini ada di kepala Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ketangguhan ekonomi dalam negeri justru terancam dari faktor eksternal.

Beruntungnya, perekonomian domestik tumbuh solid dan komitmen investasi terus mengucur, membuatnya tak ragu untuk menguji ketahanan fiskal setelah memberi sinyal untuk menaikkan cukai rokok pada tahun depan.

Baru saja, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan indeks harga konsumen (CPI) AS 8,5 persen pada Juli 2022, lebih rendah dari Juni sebesar 9,1 persen dan berada di bawah ekspektasi analis. Penurunan harga bahan bakar di AS menjadi salah satu faktor melandainya inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.