Respons Industri Leasing Saat Rupiah Melemah

Melemahnya nilai tukar rupiah dihawatirkan akan berdampak pada beberapa sektor industri, termasuk pembiayaan atau multifinance karena permintaan kreditnya terancam turun.

Pernita Hestin Untari

20 Apr 2024 - 17.04
A-
A+
Respons Industri Leasing Saat Rupiah Melemah

Ilustrasi multifinance/Freepik

Bisnis, JAKARTA— Meski terjadi pelemahan rupiah, pelaku industri mengaku masih optimis melihat prospek pembiayaan pada kuartal II/2024.Terlebih permintaan pembiayaan pada kuartal I/2024 cenderung naik dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya di tengah ketidakpastian global dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Februari silam. 

Misalnya saja, perusahaan pembiayaan, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) atau CIMB Niaga Finance,menyebut kondisi pelemahan rupiah tidak bergitu berdampak langsung baik dari sisi pendanaan maupun pembiayaan. Bahkan, CNAF masih optimistis untuk bisa meningkatkan pembiayaan sesuai dengan target perseroan pada kuartal II/2024. 

Pada kuartal II/2024, CNAF menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp1,97 triliun atau tumbuh 13% apabila dibandingkan dengan target pada kuartal I/2023  yang mencapai Rp1,74 triliun. Adapun pada kuartal I/2024, CNAF mampu menyalurkan pembiayaan baru sebanyak Rp2,43 triliun yang meningkat 35% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan Rp1,8 triliun pada kuartal I/2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.