Restorasi Keselamatan Jalan

Pemerintah yang berdedikasi menegakkan aturan demi menciptakan jalan yang berkeselamatan berdasarkan regulasi yang sah dianggap tidak memihak kepada insan angkutan barang.

Haryo Pamungkas

2 Mar 2022 - 08.11
A-
A+
Restorasi Keselamatan Jalan

Truk sarat muatan melintasi jalur lintas Sumatra Timur di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Jumat (3/5/2019)./Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019-Abdullah Azzam.

Kementerian Perhubungan bersama perangkat kerja lainnya belakangan ini mengintensifkan kegiatan jembatan timbang dengan tujuan zero over dimension overload (ODOL) bagi kendaraan barang sebagai upaya penegakan keselamatan jalan.

Pemerintah melakukan hal ini sangatlah beralasan mengingat selama beberapa tahun terakhir akibat kelebihan muatan barang dan batas ketentuan dimensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan kerusakan jalan.

Upaya ini merupakan bentuk nyata dari Kemenhub dan Korlantas Polri mendorong upaya pemberantasan truk ODOL yang melintas jalan raya di mana targetnya terlaksana pada awal 2023 Indonesia bebas kendaraan ODOL.

Alhasil dari temuan di lapangan Kemenhub mendapatkan beberapa truk angkutan barang melanggar batas toleransi, bahkan kelebihan ini bahkan ada yang melampaui 100%, sehingga jelas berdampak pada kerusakan jalan dan keselamatan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.