Restrukturisasi Menyusut, Isyarat Ketangguhan Bank Hadapi Resesi

Sejumlah bank mencatatkan nilai restrukturisasi kredit yang terus menyusut. Hal ini menjadi sinyal positif bahwa kondisi debitur secara umum makin membaik, sehingga tantangan ekonomi 2023 akan dapat dihadapi dengan relatif baik.

Emanuel Berkah Caesario

6 Nov 2022 - 19.19
A-
A+
Restrukturisasi Menyusut, Isyarat Ketangguhan Bank Hadapi Resesi

Ilustrasi restrukturisasi kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Nilai restrukturisasi kredit sejumlah bank kakap perlahan terus berkurang, menandakan kondisi bisnis yang makin membaik usai dihantam pandemi. Kalangan perbankan pun optimistis kondisi bakal terus membaik, meski tantangan ekonomi masih cukup berat.

Berdasarkan data yang diolah Bisnis dari laporan keuangan masing-masing bank, Minggu (6/11) sebanyak tujuh bank dengan aset terbesar di Indonesia membukukan kredit yang direstrukturisasi mencapai Rp229,83 triliun.

Angka tersebut menyumbang sekitar 44 persen dari total kredit restrukturisasi Covid-19 yang dilaporkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni Rp519,64 triliun per September 2022. Adapun, total kredit restrukturisasi sepanjang bulan September 2022 turun hingga Rp23,81 triliun.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) menjadi salah satu bank dengan angka restrukturisasi kredit terbesar. Perseroan sampai dengan September 2022 mencatatkan angka restrukturisasi sebesar Rp59,5 triliun atau turun 24 persen secara tahunan (year-on-year/ YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Restrukturisasi Menyusut, Isyarat Ketangguhan Bank Hadapi Resesi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.