Restu OJK Soal Demutualisasi dalam Perubahan RPK AJB Bumiputera

Rencana demutualisasi atau perubahan bentuk asuransi Bumiputera menjadi perseroan terbatas kembali dibuka, bahkan mendapatkan sinyal lampu hijau dari OJK.

Pernita Hestin Untari & Wibi Pangestu Pratama

10 Jul 2024 - 20.44
A-
A+
Restu OJK Soal Demutualisasi dalam Perubahan RPK AJB Bumiputera

Pekerja membersihkan kantor Asuransi Bumiputera di Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis JAKARTA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut salah satu opsi dalam revisi penyehatan keuangan perusahaan (RPK) Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera adalah perubahan badan hukum dari usaha bersama ke demutualisasi. Rencana tersebut merupakan usulan manajemen yang telah disetujui Rapat Umum Anggota (RUA) melalui sidang luar biasa. 

Dokumen RPK tersebut memuat rencana lama yang saat ini telah mendapatkan pernyataan tidak keberatan dari OJK. Adapun demutualisasi merupakan perubahan bentuk perusahaan dari asuransi mutual. Artinya, mengubah bentuk perusahaan sehingga status pemegang saham tidak lagi dipegang langsung oleh pemegang polis AJB Bumiputera.

Dalam asuransi mutual, pemegang saham dan pemegang polis turut menanggung kerugian yang terjadi di perusahaan.Sebaliknya, jika perusahaan untung, pemegang polis bisa mendapatkan manfaat seperti dividen.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK Ogi Prastomiyono menyebut bahwa perubahan badan hukum itu telah diatur dalam anggaran dasar AJB Bumiputera 1912. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.