Restu Rights Issue & Jurus Kongsi Aguan-Salim Racik Dana Jumbo

Segudang rencana ekspansi dan aksi korporasi dengan nilai jumbo disiapkan emiten raksasa properti afiliasi Sugianto Kusuma alias Aguan dan Grup Salim, yakni PT Pantai Indah Kapuk Tbk. (PANI).

Dionisio Damara & Asteria Desi Kartikasari

16 Sep 2023 - 15.59
A-
A+
Restu Rights Issue & Jurus Kongsi Aguan-Salim Racik Dana Jumbo

Bisnis, JAKARTA— Segudang rencana ekspansi dan aksi korporasi dengan nilai jumbo disiapkan emiten raksasa properti afiliasi Sugianto Kusuma alias Aguan dan Grup Salim, yakni PT Pantai Indah Kapuk Tbk. (PANI). 

Jika ditarik mundur, kepemilikan Aguan dan Grup Salim pada PANI adalah lewat perusahaan PT Multi Artha Pratama (MAP). Kala itu PT MAP mengakuisisi 328 juta saham PANI atau 80 persen dengan nilai transaksi Rp54,12 miliar (Rp165 per saham) pada 7 Oktober 2021.
PT MAP diketahui dimiliki oleh PT Agung Sedayu dan PT Tunas Mekar Jaya (TMJ)dengan kepemilikan saham masing-masing sebesar 50 persen. Adapun, 99,99 persen saham PT TMJ dimiliki oleh Hindarto Budiono yang terafiliasi dengan Grup Salim.

Berdasarkan data RTI Business per 31 Agustus 2023, PT MAP tercatat sebagai pengendali PANI dengan mengempit 11,91 miliar saham atau setara dengan 88,07 persen. Sementara sisanya dimiliki oleh masyarakat (Non Warkat-Scripless) sebanyak 1,61 miliar lembar atau setara dengan 11,93 persen. 

Ekspansi besar-besaran kongsi Aguan-Salim tersebut dilakukan di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 atau The New Jakarta City, usai mendapat lampu hijau dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Jumat (15/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.