RI Target 150.000 Unit Motor Listrik Terkonversi Tahun Depan

Tahun ini pemerintah menjatah 50.000 unit sepeda motor konversi ke listrik mendapatkan bantuan sebesar Rp7 juta unit.

Jaffry Prabu Prakoso

27 Apr 2023 - 13.49
A-
A+
RI Target 150.000 Unit Motor Listrik Terkonversi Tahun Depan

Konsumen sedang bertanya-tanya terkait produk motor listrik. /Bisnis-Abdurrachman.

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah menggulirkan program bantuan bagi pembelian sekaligus konversi motor listrik. Tahun ini, khusus untuk konversi, pemerintah menargetkan 50.000 unit.

Tidak hanya memasang target, pemerintah melalui Kementerian ESDM mengucurkan bantuan yang disalurkan kepada bengkel konversi. Bantuan tersebut mencapai Rp7 juta per unit sepeda motor konversi.

Lebih jauh, berdasarkan Permen ESDM No.3/2023 tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah Dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, ditentukan biaya konversi paling tinggi sebesar Rp17 juta per unit.


Sepeda motor listrik konsep Harley-Davidson. /Harley-Davidson


Bantuan pemerintah terkait konversi motor listrik sepaket dengan kebijakan serupa untuk pembelian motor listrik anyar. Hanya, untuk motor listrik baru, ditentukan syarat minimal tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 40 persern.

Kebijakan sejenis juga menyasar pembelian mobil listrik dan bus listrik. Untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih itu, pemerintah rela memangkas tarif pajak pertambahan nilai (PPN) dari 11 persen, menjadi 1 persen untuk mobil dan bus listrik yang melampaui TKDN minimal 40 persen.

Sementara untuk bus listrik sendiri, diberikan kelonggaran berupa bantuan tarif PPN sebesar 5 persen untuk produk dengan TKDN 20-39 persen.

Baca juga: Sengat Kuat Subsidi Harga Mobil Listrik Baterai

Di sisi lain, khusus untuk konversi motor listrik, pemerintah mematok target sekitar 50.000 unit motor yang diubah. Masyarakat bisa memilih bengkel konversi yang tersertifikat sebanyak 21 bengkel.

Lebih jauh, pada tahun depan, pemerintah menargetkan bisa mengonversi sebanyak 150.000 unit. Hal itupun termaktub dalam Permen ESDM No. 3/2023, dengan besaran subsidi yang kelak dipertimbangkan lebih jauh.

Sistem Swap Motor Listrik Honda

Sementara itu, Honda Motor Co., Ltd. menyampaikan bahwa sepeda motor listrik EM1 akan menggunakan sistem tukar baterai atau battery swap untuk pemasarannya di Indonesia.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik Terlaris Indonesia Kuartal Pertama 2023

Hal itu disampaikan dalam ringkasan ‘Honda Business Briefing’ yang dipublikasikan pada Rabu (26/4/2023). Dalam hal ini, Honda kembali menegaskan bahwa pihaknya akan mengenalkan 10 atau lebih model sepeda motor listrik hingga 2023. Selain itu, perusahaan berlogo 'H' ini menargetkan peningkatan penjualan tahunan di level 3,5 juta unit per tahun atau setara 15 persen dari total penjualan unit pada tahun 2030.

Kemudian, dalam ringkasan tersebut Honda menyinggung Indonesia dalam rencana bisnisnya untuk pemasaran sepeda motor listrik. Honda akan meluncurkan EM1 yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e atau sistem tukar baterai.


Sepeda motor listrik Honda di booth AHM dalam IIMS 2023 di Jakarta. /Bisnis-Himawan L Nugraha


“Honda akan meluncurkan EM1 e: skuter listrik yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e: baterai yang dapat ditukar di Jepang, Eropa, dan Indonesia sebelum akhir tahun 2023,” tulis Honda.

Adapun, Honda juga tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan skema lain dalam pengisian daya sepeda motor listriknya selain sistem tukar baterai. 

“Membayangkan lingkungan bisnis masa depan, penggunaan pasar dan kemajuan teknologi, Honda sedang menjajaki berbagai model masa depan termasuk yang dilengkapi dengan sumber daya selain baterai yang dapat ditukar,” ungkap perusahaan. (Kahfi/Anshary Madya Sukma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.