Ribuan Warga Antusias Ikut Mudik Gratis Pelni-Kemenhub, Okupansi 99%

Pelni mencatat telah mengangkut total 4.276 warga dengan 1.763 unit sepeda motor dari dua gelombang.

Rizqi Rajendra

9 Apr 2024 - 13.43
A-
A+
Ribuan Warga Antusias Ikut Mudik Gratis Pelni-Kemenhub, Okupansi 99%

Pemudik yang mengikuti mudik gratis bersiap untuk naik ke Kapal Motor (KM) Dobonsolo tujuan Semarang di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (7/6/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan ribuan pemudik dalam program mudik gratis pada Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445 H.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priyadi mengatakan bahwa antusiasme warga pada program mudik gratis tahun ini sangat tinggi. Hal itu tecermin dari tingkat okupansi yang mencapai 99%.

"Mudik gratis ini merupakan hal yang rutin kami lakukan tiap tahun. Adapun pada tahun ini okupansi penumpangnya sebesar 99%, dan ini angka yang paling tinggi," ujar Arif di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu (7/4/2024).

Baca juga: Pelni Berangkatkan 4.276 Penumpang Mudik Gratis

Arif mengatakan, mudik gratis oleh Pelni ini bisa menjadi ajang pengenalan bagi masyarakat yang belum pernah gunakan moda transportasi kapal laut. Tak hanya itu, program ini juga bisa menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor yang terjadi setiap periode mudik Lebaran.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto menjelaskan bahwa program mudik gratis tahun ini digelar dalam dua gelombang. Tahap pertama telah dilaksanakan pada Jumat (5/4/2024), sedangkan tahap kedua digelar kemarin, Minggu (7/4/2024).

Totalnya, untuk arus mudik pada program mudik gratis tahun ini, Pelni mencatat telah mengangkut total 4.276 warga dengan 1.763 unit sepeda motor dari dua gelombang.

"Pada gelombang kedua arus mudik gratis sepeda motor ini, kapal mengangkut sejumlah 2.239 pemudik sepeda motor dan 887 unit sepeda motor," ujar Evan.


Petugas menyusun motor pemudik yang ikut program mudik gratis PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.


Pantauan Bisnis di lokasi, tampak ratusan sepeda motor terparkir di dek bagian bawah Kapal Motor (KM) Dobonsolo. Sementara itu, para pemudik menempati dek bagian atas.

Adapun, segmentasi penumpang yang menaiki kapal dalam program mudik gratis tersebut terdiri dari satu keluarga maupun perseorangan. Terdapat fasilitas berupa tempat tidur untuk para penumpang KM Dobonsolo beristirahat.

Para pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (7/4/2024) pukul 16.00 WIB dan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (8/4) sekitar pukul 09.00 WIB. 

Nantinya, KM Dobonsolo akan kembali bersiap melayani arus balik pada program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut. Tercatat dua kali keberangkatan yaitu pada 13 dan 15 April 2024.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN Berangkatkan Hampir 100.000 Pemudik

Salah seorang penumpang asal Ciputat, Nurohman (43) mengaku sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis dari Pelni dan Kemenhub. Bahkan, Nurohman bersama keluarganya sudah ikut program serupa sejak zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau setidaknya sudah 10 tahun berturut-turut.

"Kami mudik ke Jepara sama keluarga. Kami ikut setiap tahun rutin. Harapan kami kalau bisa tiap tahun program ini ada terus," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.