Bisnis, JAKARTA - Pertumbuhan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku berbelanja online masyarakat. Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program.
Berdasarkan riset IPSOS bertajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”, Shopee unggul dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data, Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).
Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang.
"Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam," jelasnya, dikutip Sabtu (22/6/2024).