Risiko Utang Negara Berkembang Hadapi Resesi 2023

Negara berkembang dan negara dengan skala ekonomi yang lebih kecil diyakini akan makin rentan terhadap krisis ekonomi dengan tingkat utang yang terus membebani seiring dengan risiko resesi pada tahun 2023.

Nindya Aldila

8 Jan 2023 - 17.47
A-
A+
Risiko Utang Negara Berkembang Hadapi Resesi 2023

Presiden World Bank David Malpass (kiri) dan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgiva dalam pertemuan tingkat menteri G20 pada Selasa (11/10/2022) di Washington D.C (Twitter)

Bisnis, JAKARTA - Negara berkembang dan negara dengan skala ekonomi yang lebih kecil diyakini akan makin rentan terhadap krisis ekonomi dengan tingkat utang yang terus membebani seiring dengan risiko resesi pada tahun 2023.

Hal itu menjadi salah satu poin yang diungkap oleh Bank Dunia atau World Bank dalam Global Economic Prospects yang akan dirilis pada Selasa depan.

Kendati tak ada permasalahan baru, perekonomian global tahun ini diperkirakan akan menurun drastis, mencerminkan adanya pengetatan kebijakan yang muncul bersamaan dengan tingginya inflasi, kondisi keuangan yang memburuk, dan masih berlanjutnya invasi Rusia ke Ukraina.

Untuk itu, World Bank mendorong dunia internasional agar melakukan mitigasi risiko terhadap kemungkinan tekanan utang oleh negara berkembang dan lebih berkembang (EMDE). Hal itu diperparah dengan prospek rendahnya pertumbuhan investasi yang masih di bawah rata-rata dua dekade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.