Riuh Bagi-Bagi 'Kue Tambang' untuk Ormas Keagamaan

Kebijakan pemerintah yang melakukan aksi 'bagi-bagi kue tambang' bagi ormas keagamaan kemudian menjadi riuh, mengingat ada aturan yang berpotensi dilanggar, salah satunya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batu Bara.

Tim Redaksi

3 Jun 2024 - 19.20
A-
A+
Riuh Bagi-Bagi 'Kue Tambang' untuk Ormas Keagamaan

Ilustrasi tambang batu bara./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Keputusan pemerintah yang resmi memberikan lampu hijau bagi organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan untuk memiliki dan mengelola wilayah tambang batu bara masih menjadi tanda tanya besar, terutama menyangkut aturan hukum serta kemampuan teknis/operasional dan finansial ormas tersebut.

Terlebih, persoalan izin tambang sejatinya bukan hanya menyangkut pemanfaatan sumber daya tambang semata, tetapi ada isu penerimaan negara serta tanggung jawab sosial dan lingkungan yang melekat.

Wajar jika kebijakan pemerintah yang melakukan aksi 'bagi-bagi kue tambang' bagi ormas keagamaan kemudian menjadi riuh, mengingat ada aturan yang berpotensi dilanggar, salah satunya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batu Bara.

Dalam UU pertambangan itu secara jelas menerangkan mekanisme pemberian wilayah izin usaha pertambangan (WIUP), yakni penawaran wilayah tambang disebutkan secara prioritas diberikan kepada badan usaha milik negara (BUMN) serta badan usaha milik daerah (BUMD). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.