Rombongan Pertama Mudik Gratis via Laut Tiba di Semarang

Rombongan peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Tahun 2023 tiba dengan selamat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Minggu (16/4/2023). 1.063 orang pemudik, lengkap dengan sekitar 479 unit sepeda motor, diboyong menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Ibeth Nurbaiti

17 Apr 2023 - 13.50
A-
A+
Rombongan Pertama Mudik Gratis via Laut Tiba di Semarang

Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa pemudik motor yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (16/4/2023).

Bisnis, SEMARANG — KM Dobonsolo membawa 1.063 pemudik beserta 479 sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Pada Minggu (16/4/2023), rombongan pemudik itu tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Rombongan peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Tahun 2023 tiba dengan selamat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Minggu (16/4/2023). 1.063 orang pemudik, lengkap dengan sekitar 479 unit sepeda motor, diboyong menggunakan Kapal Motor (KM) Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca juga: Layani Pemudik, Toyota Siagakan 11 Posko dan Ratusan Bengkel

“Ada dua kali perjalanan dari Jakarta ke Semarang,. Tujuannya untuk mengurangi beban lalu lintas dan kecelakaan jalan raya, khususnya di jalur arteri dari arah Jawa Barat, Jakarta, ke arah Jawa Tengah,” jelas Tri Andayani, Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), selepas menyambut kedatangan pemudik.

Tri menyampaikan bahwa KM Dobonsolo bakal sandar sejenak di Pelabuhan Tanjung Emas sebelum kembali menjemput pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Pada musim mudik tahun ini, KM Dobonsolo masih harus melakukan dua kali perjalanan pulang-pergi. Adapun saat keberangkatan kedua yang direncanakan pada lusa (18/4/2023), KM Dobonsolo bakal menampung 1.250 unit sepeda motor dan 2.500 orang penumpang.

Baca juga: Mewaspadai Euforia Separuh Penduduk RI Mulai Mudik Lebaran

Diharapkan, okupansi KM Dobonsolo baik dari jumlah penumpang maupun kendaraan yang diangkut bisa terpenuhi secara maksimal. Tri menyebut, pada perjalanan pertama masih lengang karena pemudik yang lebih memilih pada perjalanan kedua. “Tapi nanti lusa itu sudah penuh semua, 100 persen semua,” tambahnya.

Sebelumnya, rombongan peserta program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Tahun 2023 diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Sabtu (15/4/2023). Menteri Perhubungan bersama Menteri Koordinator PMK hadir secara langsung buat melepas rombongan pemudik itu. 

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan kuota untuk 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang yang terbagi dalam empat kali keberangkatan.

PT Pelni sendiri ditugasi pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk mendukung program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Tahun 2023. Tri menyampaikan bahwa peserta program itu tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun buat menikmati layanan di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Mengamankan Harga Gula Jelang Lebaran

“Alhamdulillah, semuanya gratis pelayanannya. Kami juga berikan buka puasa, sahur juga kami kasih dan tadi turun dari sini kami ada pengawalan dan bensin diberikan satu liter untuk mengakses pom bensin terdekat. Karena ketika masuk kapal, ada persyaratan di bawah setengah tangki dari kendaraan bermotor itu harus dikurangi, untuk keselamatan perjalanan pelayaran,” jelas Tri.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyempatkan diri buat menyambut kedatangan pemudik sekaligus peserta program itu. “Kalau tadi kami ngobrol sama mereka yang ikut, rasanya senang sekali. Mudah-mudahan bisa jalan lah,” kata Ganjar saat ditemui wartawan.

Baca juga: Pertamina Amankan Distribusi BBM ke Seluruh Indonesia

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Jawa Tengah Ahmad Luthfi, menyebut program Mudik Gratis Naik Kapal Laut Tahun 2023 tersebut sebagai langkah yang efektif dalam mengurangi volume kendaraan saat musim mudik. Polda Provinsi Jawa Tengah sendiri menegaskan kesiapannya dalam mengawal pemudik, tak hanya yang melewati jalur darat, tapi juga laut. “Prinsipnya, Polda Provinsi Jawa Tengah siap mengawal pemudik sampai ke daerah asal,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.