Rugi HKMU Membengkak Tak Tertolong Usai Ditinggal Pengendali

Kinerja keuangan PT HK Metals Utama Tbk. makin memburuk pada kuartal pertama tahun ini, seiring dengan melemahnya penjualan dan beban keuangan yang membengkak usai ditinggal oleh pemegang saham pengendali yang pailit. Kondisi ini makin merugikan investor publik pemegang saham perseroan.

Emanuel Berkah Caesario
Jun 6, 2022 - 10:11 AM
A-
A+
Rugi HKMU Membengkak Tak Tertolong Usai Ditinggal Pengendali

Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna (kanan) menyerahkan sertifikat kepada Direktur Utama PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) Ngasidjo Achmad di sela-sela pencatatan saham perdana HKMU di Jakarta, Selasa (9/10/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis, JAKARTA — Kinerja keuangan PT HK Metals Utama Tbk. kian memburuk pada awal tahun ini. Hilangnya pengendali dalam daftar pemegang saham perseroan pun kembali menjadi sorotan. Kombinasi dua kondisi ini menjadikan prospek bisnis emiten ini kian berada dalam tanda tanya.

Emiten dengan kode saham HKMU ini mencatatkan penurunan kinerja sepanjang tiga bulan pertama 2022. Kerugian perseroan membengkak hingga tiga kali lipat.

Penjualan perseroan tercatat sebesar Rp120,4 miliar pada kuartal I/2022, turun 7,53 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp130,3 miliar atau secara year-on-year (YoY).

Penjualan ini ditopang oleh penjualan di segmen manufaktur yang mencapai Rp112 miliar, turun 12,9 persen dibandingkan kuartal I/2021 sebesar Rp128,7 miliar. Penjualan di segmen ini mencakup penjualan aluminium sebesar Rp67,2 miliar, baja ringan Rp23,8 miliar, pipa PVC Rp9,75 miliar, serta toilet dan perlengkapan sanitasi Rp11,13 miliar.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rugi HKMU Membengkak Tak Tertolong Usai Ditinggal Pengendali

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ