Rupiah Diproyeksi Menguat Jelang Pengumuman Kebijakan Moneter BI

Pergerakan nilai tukar rupiah juga dipengaruhi oleh data penjualan ritel AS.

Annisa Kurniasari Saumi

16 Nov 2021 - 17.27
A-
A+
Rupiah Diproyeksi Menguat Jelang Pengumuman Kebijakan Moneter BI

Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Rupiah tak mampu mempertahankan keperkasaan pada akhir pedagangan hari ini, Selasa (16/11/2021). Mata uang Garuda itu kompak melemah bersamaan dengan mayoritas mata uang Asia lainnya. 

Berdasarkan data Bloomberg yang dikutip dari bisnis.com, rupiah terkoreksi 18 poin atau 0,13 persen di level Rp14.220. Mata uang Asia lainnya seperti yen Jepang turun 0,11 persen, dolar Singapura melemah 0,03 persen, dan Won Korea Selatan terkoreksi 0,16 persen.

Di sisi lain, Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, justru menyebut bahwa dolar Amerika Serikat (AS) tengah melemah pada hari ini. Namun, pelemahan greenback itu masih di level tertinggi yakni 95,50.

Pelemahan dolar AS dapat tertahan karena adanya pembicaraan antara pemimpin AS dan China memiliki awal yang baik. "Sementara itu, para trader menunggu data penjualan ritel AS yang menjulang," tulis Ibrahim dalam risetnya, Selasa (16/11/2021).

Dia melanjutkan, investor saat ini menunggu data penjualan ritel AS yang akan dirilis hari ini, untuk mengukur langkah selanjutnya dari kenaikan suku bunga The Federal Reserve AS. Dari dalam negeri, Ibrahim mengatakan pasar sedang menanti pengumuman kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) pada Kamis (18/11/2021).

Hasil polling Reuters memperkirakan BI bakal menahan suku bunga hingga akhir tahun depan, dan tetap memperhatikan arah kebijakan moneter bank sentral AS. Sejak pandemi Covid-19 melanda, BI sudah memangkas suku bunga sebesar 150 basis poin menjadi 3,5 persen yang merupakan rekor terendah dalam sejarah.

Dengan kondisi tersebut, Ibrahim menilai mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif, tetapi ditutup menguat. Rupiah pun diproyeksi bergerak di rentang Rp14.180-Rp14.220.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.