Rusia Terusir dari Dewan HAM PBB, Perdamaian Jadi Tanda Tanya

Akhirnya PBB membekukan keanggotaan Rusia di Dewan Hak Azasi Manusia. Hal itu diputuskan setelah pemungutan suara di Majelis Umum PBB menghasilkan 93 negara mendukung resolusi, 24 menentang, dan 58 negara abstain.

Saeno

8 Apr 2022 - 21.42
A-
A+
Rusia Terusir dari Dewan HAM PBB, Perdamaian Jadi Tanda Tanya

Deputi Wakil Tetap Rusia di PBB Gennady Kuzmin (paling kanan) saat menyampaikan argumennya di sidang Majelis Umum PBB./UN-Manuel Elías

Bisnis, JAKARTA – Perserikatan Bangsa-Bangsa akhirnya membekukan keanggotaan Rusia di Dewan Hak Azasi Manusia. Hal itu diputuskan setelah pemungutan suara di Majelis Umum PBB  menghasilkan 93 negara mendukung resolusi, 24 menentang, dan 58 negara abstain.

Dibutuhkan 2/3 suara untuk mendukung resolusi penagguhan Rusia dari keanggotan di Dewan HAM PBB. Penghitungan dilakukan dengan mengecualikan negara-negara yang menyatakan abstain. Berdasarkan formula tersebut, terdapat 93 negara pendukung resolusi,  sedikit di atas batas minimal 90 suara (hasil dari penjumlahan suara pendukung dan penentang resolusi dikalikan dengan dua pertiga).

Seperti dilaporkan news.un.org (7/4/2022) waktu setempat, Majelis Umum PBB memilih untuk menangguhkan hak-hak keanggotaan Federasi Rusia di Dewan Hak Asasi Manusia selama Sesi Khusus Darurat di Ukraina. 

Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi pada Kamis yang menyerukan agar Rusia diskors dari Dewan Hak Asasi Manusia. Resolusi didukung mayoritas dua pertiga dari mereka yang memberikan suara, dikurangi abstain, di Majelis yang beranggotakan 193 negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Rusia Terusir dari Dewan HAM PBB, Perdamaian Jadi Tanda Tanya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.