Saatnya Bank Beradu Promo Jaring Nasabah Penabung

Naiknya suku bunga acuan bakal menjadikan gairah menabung masyarakat turut meningkat, terlihat dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang melonjak drastis pada Oktober 2022 menjadi 9,41 persen YoY. Namun, untuk menjamin nasabah akan memilihnya, bank harus punya strategi yang jitu.

Emanuel Berkah Caesario

22 Nov 2022 - 14.39
A-
A+
Saatnya Bank Beradu Promo Jaring Nasabah Penabung

Ilustrasi tabungan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia yang terus berlanjut diperkirakan bakal menghantarkan industri perbankan pada persaingan yang lebih ketat dalam memperebutkan dana pihak ketiga (DPK). Strategi promosi pun kemungkinan bakal lebih marak dilakukan.

Berdasarkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 16 – 17 November 2022, BI kembali menaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis points (bps) menjadi 5,25 persen. Pada saat yang sama suku bunga deposit facility dan lending facility naik 50 bps menjadi 4,50 persen serta 6 persen.

Sebelumnya, BI telah menaikan suku bunga acuan secara berturut-turut pada Agustus (25 bps), September (50 bps), dan Oktober (50 bps).

Sinyal kenaikan suku bunga acuan BI ini telah secara drastis meningkatkan gairah menabung masyarakat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan DPK per Oktober 2022 yang mencapai 9,41 persen year-on-year (YoY), padahal bulan sebelumnya hanya naik 6,77 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.