Saatnya Berburu Tiket Penerbangan Jelang Mudik Lebaran

Harga tiket penerbangan selama periode mudik Lebaran 2023 diperkirakan tidak setinggi Idulfitri tahun lalu. Kondisi ini disebabkan ketiadaan fuel surcharge atau biaya tambahan yang diberikan pemerintah kepada maskapai akibat lonjakan harga avtur sepanjang 2022.

Rayful Mudassir

23 Mar 2023 - 15.37
A-
A+
Saatnya Berburu Tiket Penerbangan Jelang Mudik Lebaran

Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Harga tiket penerbangan selama periode mudik Lebaran 2023 diperkirakan tidak setinggi Idulfitri tahun lalu. Kondisi ini disebabkan ketiadaan fuel surcharge yang diberikan pemerintah kepada maskapai.

Tuslah atau fuel surcharge adalah komponen biaya tambahan tiket angkutan udara yang diberikan Kementerian Perhubungan. Kebijakan ini ditetapkan seiring dengan melonjaknya harga avtur dunia. 

Ketentuan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No 68/2022 tentang Biaya Tambahan (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kemenhub memperbolehkan maskapai menaikkan harga tiket maksimal 10 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk pesawat jenis jet dan maksimal 20 persen dari TBA khusus pesawat jenis propeller alias baling-baling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.