Saatnya Kencangkan Ikat Pinggang Fiskal

Meningkatnya utang negara-negara sejak lonjakan inflasi menjadi peringatan bagi otoritas keuangan agar memperketat kebijakan fiskalnya, menyusul ancaman resesi dan krisis pangan pada tahun depan.

Nindya Aldila

13 Okt 2022 - 19.08
A-
A+
Saatnya Kencangkan Ikat Pinggang Fiskal

Bisnis, JAKARTA - Meningkatnya utang negara-negara sejak lonjakan inflasi menjadi peringatan bagi otoritas keuangan agar memperketat kebijakan fiskalnya, menyusul ancaman resesi dan krisis pangan pada tahun depan.

Dalam publikasi Fiscal Monitor oleh International Monetary Fund (IMF) pada Rabu (12/10/2022), tingkat utang pemerintah di tingkat global diperkirakan mencapai 91 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahun ini, sekitar 7,5 poin persentase di atas tingkat pra-Covid.

Meski sudah ada penurunan karena pemulihan ekonomi, kenaikan harga pangan dan energi terus menekan anggaran pemerintah. Dalam Indeks Harga Pangan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada Agustus 2022 mencapai 45 persen lebih tinggi dari 2019.

Kondisi di negara berpendapatan rendah menjadi lebih menyulitkan, di mana hampir 60 persen negara miskin sudah berada di level berisiko tinggi dalam menghadapi tekanan utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Saatnya Kencangkan Ikat Pinggang Fiskal

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.