Saatnya Mendorong Daya Beli untuk Dongkrak Konsumsi

Sejak April 2023 indikasi melemahnya daya beli terpantau dari inflasi seusai lebaran. Kondisi tersebut berlanjut pada inflasi Mei 2023, yang mengalami penurunan seiring daya beli yang dinilai melemah.

Saeno

5 Jun 2023 - 19.21
A-
A+
Saatnya Mendorong Daya Beli untuk Dongkrak Konsumsi

Ilustrasi-Uang kertas rupiah dan dolar AS. Pemerintah dinilai perlu mendorong daya beli untuk mendongkrak laju konsumsi dalam negeri./Bisnis

Bisnis, JAKARTA –  Pemerintah memiliki pekerjaan rumah untuk meningkat daya beli masyarakat. Sejak April 2023 indikasi melemahnya daya beli terpantau dari inflasi seusai lebaran. Kondisi tersebut berlanjut pada inflasi Mei 2023, yang mengalami penurunan seiring daya beli yang dinilai melemah. Selain daya beli yang terindikasi menurun, semangat konsumen untuk berbelanja pada 4 bulan pertama Januari terpantau belum stabil.

Porsi belanja masyarakat pada Januari 2023 menurun dibandingkan Desember 2022. Selanjutnya, pada Februari mengalami kenaikan, begitu juga pada Maret, namun mengendur pada April 2023.

Sejalan dengan itu, porsi tabungan pada Januari 2023 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Februari 2023, dengan peningkatan tipis, porsi tabungan relatif stabil dibandingkan Januari 2023.

Porsi tabungan yang sempat menurun pada Maret 2023, kembali meningkat pada April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Saatnya Mendorong Daya Beli untuk Dongkrak Konsumsi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.