Saatnya Petugas Pajak Tak Hanya Mahir Berburu di Kebun Binatang

Penarikan pajak kepada WP yang itu-itu saja dinilai membuat fiskus bagaikan pemburu yang hanya mahir menangkap buruan yang ada di kebun binatang. Selain itu, penetapan kenaikan tarif pajak mestinya hanya menjadi jalan terakhir untuk mendorong peningkatan penerimaan negara.

Saeno

5 Apr 2023 - 00.32
A-
A+
Saatnya Petugas Pajak Tak Hanya Mahir Berburu di Kebun Binatang

Petugas atau pejabat pajak dituntut tidak hanya menjadi fiskus yang mahir berburu di kebun binatang/Sinta

Bisnis, JAKARTA – Saat ini pengumpulan pajak dinilai cenderung berupa tindakan agresif kepada wajib pajak tertentu saja. Penarikan pajak kepada WP yang itu-itu saja dinilai membuat fiskus bagaikan pemburu yang hanya mahir menangkap buruan yang ada di kebun binatang. Selain itu, penetapan kenaikan tarif pajak mestinya hanya menjadi jalan terakhir untuk mendorong peningkatan penerimaan negara.

Cara pemerintah mengumpulkan penerimaan negara dari sektor pajak tersebut menjadi salah satu topik pembicaraan dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) di DPR RI, Selasa (4/4/2023).   

Fiskus alias pegawai atau pejabat pemerintah yang bertugas mengurus dan menarik pajak dinilai perlu memperluas wilayah “perburuan” pajak. Hal itu, salah satunya, dengan memberlakukan tarif atau ketentuan pajak baru kepada sektor yang memberi sumbangan besar terhadap PDB namun kecil kontribusinya terhadap penerimaan pajak.

Selain itu, peningkatan rasio pajak atau tax ratio di Indonesia yang masih rendah perlu ditingkatkan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Saatnya Petugas Pajak Tak Hanya Mahir Berburu di Kebun Binatang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.