Saatnya Uji Kebolehan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Instrumen reksa dana pendapatan tetap masih dibayang-bayangi oleh risiko kenaikan suku bunga global. Meski demikian, sejumlah manajer investasi menilai ada peluang menarik di instrumen ini, asalkan dipilih dengan strategi yang tepat.

Emanuel Berkah Caesario

7 Nov 2022 - 19.18
A-
A+
Saatnya Uji Kebolehan Reksa Dana Pendapatan Tetap

Ilustrasi reksa dana. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Pasar reksa dana pendapatan tetap perlahan mulai menunjukkan pemulihan di tengah penurunan inflasi dan langkah the Fed yang masih cukup agresif dalam menaikkan suku bunganya. Instrumen ini pun masih dapat dibidik oleh investor pada sisa tahun ini.

Berdasarkan laporan Infovesta Utama pada Senin (7/11), kinerja reksa dana pendapatan pada periode 28 Oktober – 4 November 2022 terpantau naik 0,16 persen. Adapun, secara year-to-date (YtD) reksa dana saham mencatatkan return negatif sebesar 0,97 persen.

Laporan Infovesta memaparkan, penguatan pada reksa dana pendapatan tetap dikonfirmasi adanya rilis data inflasi yang mengalami penurunan menjadi 5,71 persen year-on-year (YoY) pada Oktober 2022. Menurunnya tingkat inflasi dikarenakan adanya panen raya di sentra produksi.

Sementara itu, dari sentimen eksternal, the Fed masih agresif menaikan suku bunganya. Bank Sentral AS tersebut tercatat kembali menaikan Federal Fund Rate sebesar 75 bps menjadi 3,75 persen – 4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.