Sabah Melakukan Ini untuk Mengantisipasi Pemindahan Ibu Kota RI

Pembangunan pusat CIQS di perbatasan Malaysia-Indonesia akan didanai oleh pemerintah federal, seperti yang disebutkan oleh Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob saat membahas Rencana Malaysia Ke-12 baru-baru ini.

Zufrizal

9 Nov 2021 - 20.07
A-
A+
Sabah Melakukan Ini untuk Mengantisipasi Pemindahan Ibu Kota RI

Pertemuan pengusaha Negeri Sabah Malaysia dan Kalimantan Timur di Balikpapan, Kamis (20/2/2020).-Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis, KOTA KINABALU — Sabah berencana membentuk otoritas pembangunan daerah untuk mengelola kota perbatasan baru di Serudong, Kalabakan, salah satu dari empat titik masuk ke Kalimantan, di mana ibu kota baru Indonesia akan berlokasi. Titik masuk lainnya adalah di Long Pasia, Pagalungan, dan Sebatik.

Menteri Utama Sabah Hajiji Noor seperti dikutip dari www.freemalaysiatoday.com, Selasa (9/11/2021) mengatakan bahwa proposal untuk pembentukan RDA (Regional Development Authority) Sabah Maju Jaya Serudong akan diajukan selama rapat Anggaran 2022 yang ditetapkan pada Desember mendatang.

Hajiji mengatakan bahwa pemerintah negara bagian berkomitmen untuk memastikan bahwa kota perbatasan akan dikembangkan, untuk mengantisipasi perkembangan besar yang diharapkan ketika Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan.

Kota perbatasan akan mencakup kawasan industri dan komersial, perumahan, dan fasilitas lain yang akan dikembangkan di sekitar pusat bea cukai, imigrasi, karantina dan keamanan (customs, immigration, quarantine and security/CIQS).

Perbatasan Indonesia–Malaysia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia  bebas

Perbatasan Malaysia dan Indonesia.-Wikipedia

Pembangunan pusat CIQS di perbatasan Malaysia-Indonesia akan didanai oleh pemerintah federal, seperti yang disebutkan oleh Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob saat membahas Rencana Malaysia Ke-12 baru-baru ini.

Hajiji mengatakan bahwa pembangunan perbatasan Sabah-Kalimantan juga akan menjadi salah satu pembicaraan ketika Ismail bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo selama kunjungannya ke RI.

Direktur Perencanaan Kota Perbatasan Sabah Economic Development and Investment Authority (SEDIA) Mursidi Sapie mengadakan pengarahan kepada menteri utama dan anggota Dewan Penasihat Ekonomi Sabah tentang rencana konseptual perbatasan Serudong-Simanggaris hari ini.

Simanggaris adalah kota perbatasan di sisi Indonesia.

Mursidi mengatakan bahwa di antara fungsi RDA adalah bertindak sebagai otoritas lokal serta mengawasi pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan sosial.

Indonesia sudah mulai bekerja untuk memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Langkah ini diperkirakan memakan waktu 15 hingga 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.