Saham-Saham Potensial Kuartal II/2024 yang Bisa Dilirik

Arah dan minat investor pada kuartal II/2024 akan cenderung memilih saham-saham dengan fundamental yang kuat dan prospek pertumbuhan yang jelas.

Annisa Kurniasari Saumi

29 Mar 2024 - 20.16
A-
A+
Saham-Saham Potensial Kuartal II/2024 yang Bisa Dilirik

Karyawan memantau pergerakan saham di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA – Analis melihat ada beberapa sektor saham yang menarik dilirik untuk melakukan rebalancing portofolio pada kuartal II/2024 yang mulai berlangsung pekan depan.

Head of Research Kiwoom Sekuritas Sukarno Alatas mengatakan bahwa sektor konsumsi diperkirakan akan tetap menjadi pilihan defensif yang menarik, di tengah kondisi ekonomi global yang tidak pasti. 

Kemudian, sektor energi dengan potensi kenaikan harga menjelang cum date dividend, dengan jadwal pembagian dividen di kuartal II/2024 seperti PTBA. 

Baca juga: Tips Investasi Dana THR Agar Tidak Hangus Percuma

"Lalu sektor infrastruktur yang didorong oleh program pembangunan pemerintah," kata Sukarno, Kamis (28/3/2024). Terakhir adalah sektor keuangan dengan kinerja yang tumbuh dan dengan valuasi saham yang menarik.

Sukarno mencermati arah dan minat investor pada kuartal II/2024 akan cenderung memilih saham-saham dengan fundamental yang kuat dan prospek pertumbuhan yang jelas. 

Selain itu, lanjutnya, investor juga akan memperhatikan faktor-faktor seperti valuasi, dividen, dan risk-reward ratio dari saham-saham yang ada di Bursa. Sementara itu, Sukarno melihat investor asing akan lebih selektif dalam berinvestasi di Indonesia.



Di saat yang sama, Sukarno melihat terdapat beberapa sentimen yang perlu diwaspadai pada kuartal II/2024. Sentimen tersebut seperti fenomena sell on may, inflasi, ketidakstabilan politik, tensi geopolitik, perang dagang, perlambatan ekonomi global, dan pelemahan rupiah.

Sementara itu, kata Sukarno, beberapa peluang yang akan datang di kuartal II/2024 adalah potensi penurunan suku mulai semester II/2024, pemulihan ekonomi Indonesia, dan peningkatan investasi pemerintah.

Baca juga: IHSG Naik Kuartal I/2024, Cek Saham-Saham Potensial Kuartal II/2024

Beberapa top picks Kiwoom Sekuritas untuk kuartal II/2024 meliputi saham ICBP dan INDF di sektor konsumsi, PTBA dan AKRA di sektor energi, TLKM di sektor infrastruktur, serta BBNI, BBTN, BFIN, dan TUGU di sektor perbankan.

Sebagai informasi, terdapat beberapa sektor yang menguat di kuartal I/2024 seperti IDX Energy naik 1,03%, IDX Consumer Non-Cyclical naik 0,32%, dan IDX Financials naik 4,87%.

 

 

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.