Sajian Kontemporer ala Indonesia

Dengan konsep makanan tradisional, kini banyak restoran yang mengemas pelayanan dan penyajian dengan unsur kontemporer nan hangat.

Indah Permatahati

8 Apr 2024 - 14.11
A-
A+
Sajian Kontemporer ala Indonesia

Ikan bakar Pariaman yang menawarkan cita rasa sedikit pedas khas bumbu Padang dan gurihnya olesan minyak kelapa menggunakan jenis ikan Barramundi.- Foto BID-Indah Permatahati

Bisnis, JAKARTA—Kekayaan cita rasa Indonesia seperti tiada bandingnya. Dengan rempah-rempah berciri khas, Indonesia melahirkan banyak hidangan kuliner yang siap memanjakan lidah.

Dengan konsep makanan tradisional, kini banyak restoran yang mengemas pelayanan dan penyajian dengan unsur kontemporer nan hangat. Salah satunya adalah Smriti , restoran yang secara khu-sus mengolah hidangan khas Nusantara dengan penyajian mewah.

Director of Business Development Smriti Dedy Hermawan mengatakan, nuansa hangat yang dihadirkan da-lam restoran penuh lampu warm-white ini sengaja dibuat untuk menonjolkan kesan homey dengan maksud membuat pelanggan makan seperti di rumahnya sendiri.

Material kayu yang mendominasi restoran ini juga dirancang mirip kapal pinisi dengan banyaknya manik, kursi-kursi berwarna earth-tone, dan atap atau ceiling yang tinggi. “Jadi saat pengunjung datang, suasananya seperti rumah,” jelasnya.

Bukan hanya dari sisi bangunan, Smriti juga mendorong paduan modern dan klasik dalam makanan-makanannya. Sehingga tak hanya vibes restorannya saja, makanan-makanan di Smriti juga dihidangkan dengan piring-piring klasik nan elegan tetapi tak melupakan sisi modernnya.

Chef Smriti Andang Firdaus menjadi peramu di balik menu-menu andalan Smriti dengan mengedepannya kekhasan rempah Indonesia. Smriti pun membuat menu-menu khusus yang disajikan kepada pe-langgan selama bulan puasa ini.

Untuk hidangan berbuka puasa, Chef Andang tak melupakan hidang-an yang begitu familiar sebagai takjil dan makanan berbuka puasa ala masyarakat Indonesia.Di sisi depan meja makan, terdapat meja panjang dengan deretan makanan dan takjil ala Nusantara seperti gorengan dan aneka bubur manis yang begitu kas dengan lidah orang Indonesia.

Sementara untuk sajian utama, Chef Andang tak mau kalah membawa menu-menu olahan khas yang sebagian besar merupakan jenis protein untuk dimakan dengan nasi.

Baca juga:

Surga Tersembunyi Di Pamijahan

Chef Andang membuat lima menu khusus yang spesial dibuat untuk menu buka puasa.

Pertama, ayam tangkap yang merupakan ayam goreng khas Aceh yang sebelum digoreng telah dimarinasi dengan bumbu aromatik yang terasa asin dan gurih.

Kedua, ada ikan bakar Pariaman yang menawarkan cita rasa sedikit pedas khas bumbu Padang dan gurihnya olesan minyak kelapa menggunakan jenis ikan Barramundi.

Ketiga, udang goreng bawang merah yang dimasak dengan jenis udang windu berbumbu pedas dan gurih dengan campuran bawang merah.

Keempat, menu klasik seperti sop buntut menjadi satu-satunya menu berkuah yang dihadirkan Chef Andang dalam rangkaian menu iftar ini.

Sop buntut begitu dikenal dengan cita rasanya kuahnya yang kaya, ditambah dengan lembutnya daging buntut dan cabai hijau serta emping yang gurih.

Kelima, di antara menu-menu tersebut, kambing guling saus kari menjadi juaranya.

Makanan ini disorot berkat cara memasak dan cita rasanya yang unik. Hidangan ini menggunakan jenis potongan kambing berupa lamb shank, atau bagian betis kambing yang dikenal sebagai salah satu bagian yang paling lembut.

Chef Andang sengaja tidak melepaskan bagan tulang paha kambing untuk memberi kesan tasteful.

Menariknya, Chef Andang menyebut hidangan ini begitu spesial karena bisa disantap dengan dua cara, kuah kari atau hanya dengan kecap pedas dan bawang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.