Saling Tuding Sebab Mahalnya Tiket Pesawat

Pemerintah saling silang pendapat soal sebab masih tingginya harga tiket penerbangan di Indonesia. Meski kementerian menuding kondisi ini disebabkan oleh berkurangnya ketersediaan armada, pihak lainnya menduga ada monopoli penyaluran avtur sehingga menimbulkan harga jual tidak kompetitif.

Ni Luh Anggela & Rayful Mudassir

8 Feb 2024 - 19.55
A-
A+
Saling Tuding Sebab Mahalnya Tiket Pesawat

Sejumlah penumpang melakukan check-in di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17 3 2020). Bisnis Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Harga tiket pesawat masih berada di level tinggi sejak beberapa tahun terakhir seiring dengan masih berkurangnya jumlah armada maskapai yang beroperasi. Di samping itu, harga avtur disebut-sebut turut berkontribusi dalam tingginya biaya operasional burung besi.

Saat pandemi 2020 - 2022, maskapai penerbangan serempak mengembalikan pesawat sewaan kepada lessor akibat menurunnya keterisian penumpang untuk sekali penerbangan. Akan tetapi ketika pagebluk mereda, jumlah maskapai yang tersedia belum menyentuh angka normal. 

InJourney Airport merekam jumlah maskapai yang beroperasi di Tanah Air saat ini berada di kisaran 444 unit. Jumlah tersebut cukup timpang bila dibandingkan dengan periode 2018 atau sebelum Covid-19 sekitar 750 unit. 

Pelaku bisnis aviasi dalam beberapa kesempatan menjabarkan bahwa beberapa komponen lain yang mendorong tingginya harga tiket penerbangan mencakup avtur, kesulitan suku cadang dan kian lemahnya rupiah terhadap dolar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.