Samakan Persepsi Penegakan Hukum di Laut

Untuk mewujudkan peta jalan menuju ekonomi biru perlu dibangun kesamaan persepsi dalam pengawasan dan pengenaan sanksi terhadap pelanggaran di bidang kelautan dan perikanan antara pemerintah pusat, pemda, dan lembaga penegak hukum

Rustam Agus

7 Apr 2022 - 15.00
A-
A+
Samakan Persepsi Penegakan Hukum di Laut

Ilustrasi maritim / istimewa

Bisnis, JAKARTA - Pengawasan dan penegakan hukum sektor kelautan dan perikanan nasional memang membutuhkan kesamaan persepsi antara pemangku kepentingan agar penerapannya tepat dan berhasil guna.

Di tengah era otonomi dan kian tingginya pemanfaatan perairan laut di berbagai daerah perlu dirumuskan pola penerapan aturan dan penegakan hukum yang sejalan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan aparat penegak hukum terkait. 

Rumusan itu menjadi penting sebagai acuan menghadirkan ekonomi biru yang menyeimbangkan antara kepentingan ekonomi bisnis dan ekologi lingkungan agar lestari dan berkelanjutan.

Itu sebabnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kini tengah menyamakan persepsi antar instansi terkait pemerintah pusat, pemda, dan penegak hukum untuk merumuskan pola pengawasan, penerapan aturan, berikut sanksinya yang bisa diterima semua pihak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Samakan Persepsi Penegakan Hukum di Laut

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.